Senin 01 Feb 2021 16:45 WIB

Empat Hormon Bahagia dalam Tubuh dan Cara Memproduksinya

Dopamin, oksitosin, serotonin, dan endorfin adalah empat hormon membawa bahagia

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Senyum meluncurkan sesuatu hormon yang disebut endorphins, yang lebih dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Kebahagiaan, jika dilihat secara ilmiah, hanyalah fungsi tubuh yang terjadi saat hormon tertentu dilepaskan di dalam tubuh. Pada saat kesehatan mental benar-benar menderita, penting untuk memastikan bahwa kita merasa bahagia, dan dalam suasana hati yang lebih baik.
Foto:

2. Oksitosin

Oksitosin juga disebut hormon cinta. Oksitosin adalah salah satu hormon bahagia paling populer. Itu dihasilkan oleh tindakan mengungkapkan cinta dan kasih sayang. Cara menghadirkannya adalah sebagai berikut.

- Bermain dengan hewan peliharaan.

- Bermain dengan bayi.

- Berpegangan tangan.

- Keintiman.

- Memeluk keluarga dan teman.

- Memberi atau menerima pujian.

3. Serotonin

Serotonin disebut hormon penstabil mood. Pada hari-hari ketika kita tidak merasa dalam keadaan terbaik tetapi tidak memiliki alasan khusus untuk tidak merasa seperti itu, mungkin kita memerlukan dorongan serotonin. Hormon ini dapat diproduksi oleh aktivitas yang membantu menenangkan kita. Ini termasuk meditasi, olahraga, berjemur di bawah sinar matahari, dan berjalan di alam.

4. Endorphin

 

Endorphin disebut sebagai hormon penghilang rasa sakit. Mereka membantu mengatasi rasa sakit fisik dan emosional. Endorfin membantu mengatasi segala jenis rasa sakit dengan lebih baik. Kegiatan yang dapat membantu produksi endorfin adalah berolahraga, menonton komedi, latihan tertawa, memakan coklat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement