Kamis 28 Jan 2021 14:35 WIB

Perlukah Minum Suplemen Pre-workout Sebelum Olahraga?

Ahli meminta masyarakat sadari kandungan suplemen pre-workout khususnya kafein

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah alat beban yang tersedia di salah satu pusat kebugaran di kawasan Tebet, Jakarta. Sebuah studi menemukan bahwa menggabungkan suplemen pra latihan (pre-workout) dengan latihan interval intensitas tinggi (HIIT) akan menghasilkan massa tubuh tanpa lemak dan dapat mempercepat laju kehilangan lemak tubuh.
Foto:

Berikut beberapa kandungan suplemen pra-workout:

1. Creatine Monohydrate: Suplemen populer lainnya di kalangan pecinta gym, creatine disertakan dalam banyak workout karena potensinya untuk meningkatkan kekuatan dan kinerja otot selama pelatihan.

2. BCAA: Asam amino rantai cabang telah ditemukan untuk meningkatkan daya tahan selama latihan dan meningkatkan kekuatan dengan menjaga energi sel dan mendukung sintesis protein.

3. Taurin: Ditemukan dalam berbagai daging hewani, taurin adalah asam sulfonat yang berkontribusi pada metabolisme lemak dan melawan stres oksidatif selama latihan.

4. Vitamin B: Vitamin B1, B2 B5, dan B6 semuanya memainkan peran penting dalam produksi dan efisiensi energi, sementara Vitamin B12 mendukung produksi darah dan Vitamin B3 meningkatkan perbaikan DNA dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. NO2 booster (mis. Arginine, Citrulline): Arginine, misalnya, adalah penguat nitrogen dioksida dan asam amino yang bertindak sebagai 'vasodilator'.  

Pada dasarnya, arginin (dan suplemen nitrogen dioksida serupa lainnya) memperluas pembuluh darah dan arteri Anda, sehingga darah lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh Anda, memberikan nutrisi lebih cepat dan lebih efisien.

Kandungan apa yang perlu dihindari?

Penelitian yang diterbitkan dalam Food and Chemical Toxicology menyebutkan bahwa 400mg kafein sehari adalah batas atas untuk orang dewasa.  

 

Apa artinya ini bagi Anda? Satu cangkir kopi instan mengandung 60-80mg kafein, tetapi kopi di Starbucks mengandung sekitar 160 mg. Jadi perlu diperhatikan kandungan kafein dalam suplemen pra workout Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement