Jumat 22 Jan 2021 04:05 WIB

Pasien Covid-19 Disarankan Olah Napas Jaga Paru-Paru Bugar

Pasien Covid-19 harus sering menarik napas panjang.

Pasien Covid-19 Disarankan Olah Napas Jaga Paru-Paru Bugar. Pengembang menunjukkan cara kerja Ventilator HooHaa Bridge Ventilator COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). HooHaa Bridge Ventilator merupakan salah satu Ventilator yang dikembangkan secara mandiri untuk Pasien COVID-19 yang telah lulus uji produk
Foto:

Dengan cara menarik napas panjang akan membuat paru-paru mengembang dengan optimal. Olahraga ini akan lebih baik apabila dilakukan secara rutin. Menurutnya, pasien Covid-19 yang pulih berpotensi memiliki kondisi paru-paru yang tidak optimal.

Paru-paru yang tidak mengembang sempurna pasca-Covid-19 tersebut, kata Siti, akan berdampak pada kebugaran pasien seperti tubuh yang menjadi cepat letih, ataupun bernapas yang tidak seperti sebelumnya. "Kalau tidak, nanti setelah Covid-19 dampaknya jadi cepat lelah, itu karena pasca-Covid-19 paru-parunya kadung tidak mengembang dengan baik," kata dia.

 

Selain itu, Siti juga menyarankan pasien Covid-19 yang dalam proses pemulihan lebih sering mencuci hidung, kalau bisa menggunakan cairan NaCl.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement