Rabu 20 Jan 2021 06:20 WIB

6 Mitos Medis Seputar Gula

Meski lekat dengan 'image' kurang baik, ada banyak informasi miring seputar gula.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Meski lekat dengan 'image' kurang baik, ada banyak informasi miring seputar gula (Foto: ilustrasi)
Foto:

Gula Sebabkan Anak Hiperaktif

Banyak pula yang meyakini bahwa konsumsi gula seperti permen dapat membuat anak menjadi terlalu aktif. Akan tetapi, tak ada bukti bawha gula menyebabkan peningkatan hiperaktivitas pada sebagian besar anak-anak.

Hal ini pula yang diungkapkan dalam sebuah analisis meta di JAMA pada 1995. Analisis meta ini mengulas 23 percobaan dari 16 karya ilmiah.

"Analisis meta dari studi-studi yang dilaporkan saat ini menemukan bahwa gula (umumnya sukrosa) tidak mempengaruhi performa perilaku atau kognitif anak-anak," jelas analisis meta tersebut.

Gula Sebabkan Diabetes

Meski gula dan diabetes seringkali dikaitkan, ternyata tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Yang sebenarnya meningkatkan risiko diabetes tipe 2 adalah kegemukan dan obesitas. Dalam hal ini, kosumsi gula berlebih merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang bisa menjadi gemuk atau obestias sehingga kemudian memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap diabetes tipe 2. Akan tetapi, gula bukanlah penyebab langsung dari diabetes tipe 2.

Gula pada Buah Peru Dihindari Saat Diet

Buah secara alami mengandung gula. Karena kandungan gula ini, sebagian orang meyakini bahwa buah-buahan sebaiknya dihindari ketika berdiet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini jelas hanya sekedar mitos. Buah mengandung beragam senyawa yang menyehatkan tubuh. Beberapa di antaranya adalah berbagai variasi vitamin, mineral, dan serat.

Gula Harus Benar-Benar Disingkirkan

Konsumsi gula yang berlebih memang buruk bagi kesehatan. Akan tetapi, bukan berarti gula harus benar-benar dilarang untuk dikonsumsi. Konsumsi gula sebaiknya tidak dihindari, namun dibatasi agar tidak berlebihan.

Asupan gula bisa didapatkan dari sumber-sumber makanan yang menyehatkan seperti buah. Yang perlu diwaspadai adalah produk makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula, seperti minuman bersoda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement