Senin 18 Jan 2021 16:22 WIB

Aneka Penyakit yang Bisa Bikin Orang Jadi Pelupa

Mengidentifikasi penyebab lupa sangatlah penting.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pelupa (ilustrasi). Demensia Alzheimer atau pikun sering kali tidak terdeteksi, meski gejalanya dapat dialami sejak usia muda.
Foto:

3. Gangguan kesehatan mental

Kesehatan mental yang buruk yang ditandai dengan stres, depresi, atau kecemasan juga bisa menjadi penyebab orang jadi pelupa. Seseorang dengan gangguan mental cenderung tersesat dalam pikiran mereka, tidak dapat mengingat peristiwa atau memiliki ingatan yang kuat tentang apa yang terjadi.

4. Hipotiroidisme

Ketidakseimbangan tiroid, terutama tiroid yang kurang aktif dapat mengganggu ingatan seseorang. Tiroid dapat ditangani sedari dini, tetapi ketidakseimbangannya mungkin memerlukan pengobatan yang terus-menerus agar dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, obat-obatan tertentu dapat mengganggu ingatan. Jika Anda mengalami masalah memori akibat penggunaan obat apa pun, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Penggunaan alkohol juga dapat mengganggu ingatan. Alkohol memengaruhi otak dan sistem saraf pusat, membuat memori peristiwa yang dialami di bawah pengaruh alkohol menjadi tidak jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement