Kamis 14 Jan 2021 00:25 WIB

4 Gejala Covid-19 Jadi Penanda Imunitas Penyintas Tahan Lama

Covid-19 memengaruhi tiap orang dengan cara yang berbeda, gejalanya pun berbeda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Orang-orang yang mengalami gejala spesifik tampak punya kekebalan yang lebih tahan lama terhadap virus penyebab Covid-19.
Foto:

3. Diare

Beberapa orang yang kena Covid-19 mengalami diare bersamaan dengan gejala gastrointestinal lainnya, seperti muntah dan mual.  Meskipun gejala gastrointestinal berkorelasi dengan perjalanan penyakit yang lebih parah, para peneliti 'tidak melihat peningkatan diare' pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. 

Gejala ternyata juga muncul pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit, namun memiliki respons antibodi yang lebih tinggi. Para peneliti mengatakan, gejala diare selama Covid-19 dapat berarti kalau virus bekerja untuk meningkatkan respons antibodi tubuh dengan mengaktifkan sel-sel inflamasi di seluruh usus.

photo
Tiga gejala baru Covid-19 menurut CDC AS. - (Republika)

4. Keram perut

Nyeri perut telah dilihat sebagai tanda umum komplikasi gastrointestinal yang terkait dengan Covid-19. Namun, penulis penelitian mengamati bahwa pasien Covid-19 yang sampai sakit perut memiliki lebih banyak antibodi dan kekebalan yang lebih tahan lama daripada mereka yang tidak mengalaminya.

Namun, penulis penelitian memperingatkan diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyimpulkan hubungan antara gejala ini dan kekebalan terhadap Covid-19. Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis tes darah dari 113 pasien yang terinfeksi Covid-19 lima pekan setelah sembuh dan tiga bulan kemudian dari awal sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement