Sabtu 09 Jan 2021 00:22 WIB

Daftar Gejala Covid-19 yang tak Umum

Segelintir orang melaporkan keluhan kesehatan yang diduga gejala Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Tinnitus alias suara denging di telinga dilaporkan dialami oleh segelintir orang yang positif Covid-19.
Foto:

Tinnitus alias telinga berdenging juga telah dilaporkan sebagai gejala Covid-19. Sejauh ini, keluhan itu belum terdaftar sebagai salah satu gejala Covid-18 yang diakui lembaga kesehatan mana pun. Tinnitus juga tidak dilaporkan oleh pasien yang menderita infeksi virus mematikan sebagai gejala utama dari penyakit.

Cegukan dilaporkan sebagai gejala Covid-19 pada sangat sedikit pasien. Menurut sebuah laporan di Business Insider, dokter di Departemen Darurat Kesehatan Cook County telah melaporkan kasus Covid-19 yang tidak biasa pada bulan April 2020.

photo
Tiga gejala baru Covid-19 menurut CDC AS. - (Republika)

Dengan demikian, gejala paling umum dari Covid-19 adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Sementara itu, gejala yang kurang umum ialah sakit dan nyeri, sakit tenggorokan, diare, konjungtivitis, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki. Adapun gejala serius Covid-19 adalah kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri atau tekanan dada, kehilangan kemampuan bicara atau gerak. Daftar gejala Covid-19 tersebut telah dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement