Jumat 01 Jan 2021 17:37 WIB

Penjelasan Mengapa Perawat AS Positif Covid-19 Usai Divaksin

Vaksin Covid-19 Pfizer butuh waktu 10 hari untuk bisa melindungi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Penjelasan Mengapa Perawat AS Positif Covid-19 Usai Divaksin. Seorang perawat menyiapkan botol vaksin COVID-19 untuk diberikan kepada Lucie Danjou dari Belgia, 101 tahun, di rumah perawatan Notre Dame de Stockel di Sint-Pieters-Woluwe, Belgia, Senin, 28 Desember 2020. Vaksin tersebut, dikembangkan oleh BioNTech dan Pfizer, dipindahkan dari sebuah rumah sakit di Leuven ke panti jompo pada hari Senin, saat Belgia memulai program vaksinasi yang dimulai dengan yang paling rentan.
Foto:

Di rentang waktu 10 hari ini, ada kemungkinan seseorang bisa saja tertular Covid-19. Kemungkinan lainnya adalah seseorang sudah terkena Covid-19 sejak sebelum vaksinasi dilakukan.

"Individu bisa saja tertular penyakit (Covid-19) sebelum atau sesaat setelah vaksinasi," jelas Pfizer melalui pernyataan resmi mereka, Rabu (30/12).

Ahli penyakit menular dari Family Health Centers of San Diego Christian Ramers mengatakan hal serupa. Dibutuhkan waktu sekitar 10-14 hari sampai perlindungan terbentuk sejak pemberian vaksin Covid-19 dosis pertama.

Pemberian dosis pertama diperkirakan dapat memberi perlindungan sekitar 50 persen. Sedangkan pemberian dosis kedua diperkirakan dapat membentuk perlindungan hingga 95 persen.

"Kami mengetahuinya dari uji klinis vaksin," kata Ramers.

Terkait hal ini, Pfizer juga menyatakan mereka akan mengulas semua informasi dari kasus ini. Mereka juga akan memeriksa semua laporan dari semua kasus Covid-19 terkonfirmasi lain yang mungkin muncul setelah vaksinasi. 

 

Sumber: https://uk.reuters.com/article/uk-health-coronavirus-usa-vaccine-idUKKBN2940QH

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement