Jumat 18 Dec 2020 01:25 WIB

Jangan Biarkan Peralatan Dapur Kotor Semalaman

Agar peralatan dapur lebih awet, segera cuci sehabis masak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mencuci piring. Peralatan dapur perlu dicuci segera agar kotoran tak lengket terlalu lama.
Foto: flickr
Mencuci piring. Peralatan dapur perlu dicuci segera agar kotoran tak lengket terlalu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peralatan dapur menjadi barang yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan akan konsumsi makanan. Karena itu, kebersihan peralatan dapur harus tetap terjaga dengan baik. Bagaimana caranya merawat peralatan dapur?

Pemilik Kumala Home and Kitchen, Yenny Kusuma Hendra, mengatakan untuk perawatan peralatan dapur, antara satu produk dengan produk lain berbeda-beda, tergantung produknya apa. Namun, ia menyarankan untuk membiasakan diri untuk membersihkan peralatan dapur usai dipakai.

Baca Juga

“Kalau beres masak didapur, peralatan apa yang sudah kita selesai pakai untuk masakan dan makan, simpelnya langsung dicuci dan jangan disimpan dalam semalam,” ujarnya dalam Kumala Home and Kitchen E-Commerce Launch, belum lama ini.

Menurut Yenny, kotoran dapat merusak peralatan dapur jika dibiarkan terlalu lama. Kotoran pada peralatan dapur bisa saja menumpuk dan membekas serta membuat kuman berkembang biak.

“Kalau Anda malas, cucian piring bekas masak dan makan ditumpuk saja cucian, ini kadang berakibat sendok rusak karena ada rasa asam dari makanan yang tersisa di sendok,” ungkapnya.

Wajan lengket

Selain itu, salah satu masalah yang sering dialami para ibu saat memasak adalah wajan yang lengket oleh sisa makanan saat masak. Bagaimana cara membersihkan wajan yang kotor dan lengket ini?

Menurut Yenny, sebaiknya wajan diisi air dan dipanaskan kembali di atas kompor. Biasanya, kotoran akan lepas. Jadi jangan dipaksa untuk pakai kassa yang keras untuk membersihkan karena justru akan merusak wajan.

“Masak saja dengan air, nanti akan mengelupas kembali, akan meluluhkan minyak yang lengket, sesuatu yang berminyak sekali akan lebih cepat bersih dengan seperti itu,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement