Selasa 01 Dec 2020 17:12 WIB

Hobi Dekor Kantor Rumah, Dapur, dan Halaman Jadi Ngetren

Selama pandemi, orang punya banyak ide untuk mendekorasi rumahnya.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi bekerja dari rumah. Saat pandemi membuat orang lebih banyak di rumah, ide kreatif pun bermunculan untuk mendekorasi hunian.
Foto: Andrea Verdelli/Getty Images
Ilustrasi bekerja dari rumah. Saat pandemi membuat orang lebih banyak di rumah, ide kreatif pun bermunculan untuk mendekorasi hunian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di rumah saja tak membuat orang-orang kehabisan ide untuk berkreasi dan berkarya. Mendekorasi rumah menjadi salah satu hobi yang dijalankan banyak orang selama pandemi Covid-19.

"Karena orang mulai di rumah saja, akhirnya mereka menata rumahnya itu, misalnya, dengan menjadikan sebuah ruangan menjadi sebuah home office,” ujar desainer interior Diana Nazir dalam konferensi pers virtual BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur yang disimak di Jakarta, Selasa (1/12).

Baca Juga

Dalam proses mendekorasi ruangan kantor di rumah, banyak orang mulai membeli perabotan yang diperlukan untuk bekerja di rumah. Meja dan kursi kantor menjadi barang yang dibeli. Demikian juga dengan lampu dan barang-barang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing preferensi orang-orang.

Tren yang kedua adalah dekorasi dapur. Diana menuturkan, banyak orang yang berada di rumah saja menjadikan mereka ingin mendekorasi dapur mereka. Tak sedikit orang pula mulai melengkapi peralatan memasaknya untuk menambah dekorasi pada dapur.

 

 “Yang satu lagi adalah tanaman. Sekarang semua orang punya tanaman di rumah,” tutur dia.

Orang-orang belakangan gemar mendekorasi beberapa titik di rumahnya dengan hiasan-hiasan alami, seperti tanaman. Seiring dengan itu, menurut Diana, masyarakat mengganti keramik-keramik mereka di beberapa bagian dengan corak yang berbeda untuk mempercantik ruangan.

“Keramik dan pot-pot karya UMKM ini jadi naik daun juga,” ungkap Diana.

Dengan demikian, Diana menyimpulkan tren mendekorasi rumah bukanlah tren yang dibuat sendiri melainkan mengikuti apa yang terjadi di alam ini.

“Jadi dari tiga itu bisa dilihat. Semua orientasinya menjadi ‘rumah’, mengerjakan sendiri mulai masak dan menghias rumah, dan hal-hal yang hijau menjadi kesukaan banyak orang,” jelas Diana.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement