Rabu 04 Sep 2019 10:57 WIB

Soda Kue Hingga Cuka Atasi Bau Menempel di Wadah Plastik

Bahan lain untuk menghilangkan bau juga mudah ditemui di dapur rumah.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Wadah makan plastik memang praktis, tapi perhatikan keamanannya karena studi menyebut wadah plastik yang tidak aman bisa memicu risiko sejumlah penyakit.
Foto: ist
Wadah makan plastik memang praktis, tapi perhatikan keamanannya karena studi menyebut wadah plastik yang tidak aman bisa memicu risiko sejumlah penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Jika makanan diletakkan terlalu lama dalam wadah atau kotak makanan dari plastik, maka bau makanan tak akan hilang begitu saja ketika makanan dikeluarkan. Sisa bau makanan akan menempel pada wadah plastik.

Hal ini tentu saja mengganggu. Sebab, wadah plastik pasti akan digunakan kembali untuk menyimpan makanan. Namun begitu, terdapat sejumlah cara untuk menghilangkan bau tersebut.

Baca Juga

Caranya cukup mudah, dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkannya juga mudah ditemukan di setiap dapur. Pauline Gill dalam laman hunker.com, Rabu (4/9), menulis, enam langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut.

Pertama, masukkan sabun pencuci piring sebanyak dua sendok lalu masukkan air panas. Bilaslah setelah dibiarkan selama semalam. Jika masih meninggalkan bau, masukkan kembali sabun dan air hangat tapi tambahkan dengan soda kue. Lalu bilas sampai bersih.

Kedua, buatlah semacam pasta dari soda kue dan air hangat. Lapisi seluruh bagian dalam kotak plastik dengan pasta tersebut. Lalu tutuplah kotak plastik itu dan biarkan selama semalam. Lalu bilas sampai bersih. Jika masih meninggalkan bau, maka taburkan kembali soda kue dan kocok lalu kembali biarkan selama semalam. Bilas sampai bersih.

Ketiga, gunakan cuka. Masukkan seperempat cangir cuka dan masukkan juga air panas. Lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan kocoklah hingga mengeluarkan busa. Bilaslah setalah beberapa jam.

Keempat, gunakan vanilla. Gosok kotak makanan Anda dengan vanilla lalu biarkan selama semalam. Cara lainnya bisa dengan mencampur vanilla dengan air panas lalu masukkan ke kotak makanan dan kocok. Bilaslah setelah didiamkan semalaman.

Kelima, gunakan ampas kopi. Masukkan ampas kopi kedalam wadah dan biarkan selama semalam sebelum dibilas. Ampas kopi akan bekerja seperti soda kue dan efektif menghilangkan bau.

Keenam, cobalah menggunakan sejumlah cara di atas sebelum membuat kotak palstik makanan anda. Sebab, Anda akan bisa mengehemat pengeluaran dibandingkan membeli kotak plastik baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement