Kamis 03 Dec 2020 07:18 WIB

3 Bahan Dapur yang Ampuh Atasi Komedo Hitam

Komedo hitam bisa terjadi pada hampir semua jenis kulit, khususnya kulit berminyak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Buah tomat (ilustrasi). Tomat termasuk salah satu bahan yang mudah ditemukan di dapur dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam.
Foto: Boldsky
Buah tomat (ilustrasi). Tomat termasuk salah satu bahan yang mudah ditemukan di dapur dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah komedo hitam atau blackhead bisa terjadi pada hampir semua jenis kulit, khususnya kulit berminyak. Namun, di masa pandemi seperti ini, sebagian orang mungkin masih membatasi diri untuk keluar rumah dan melakukan perawatan kulit ke salon.

Beberapa bahan yang umum ditemukan di dapur ternyata dapat membantu mengatasi masalah komedo hitam. Berikut ini adalah tiga di antaranya, seperti dilansir Indian Express.

Baca Juga

1. Putih telur

photo
Telur Ayam - (Republika/Imas Damayanti)

Telur merupakan bahan yang paling mudah digunakan untuk mengatasi komedo hitam. Campurkan putih telur dengan sedikit madu terlebih dahulu.

 

Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sampai terasa mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air biasa lalu keringkan dengan saksama.

Putih telur diyakini dapat mengencangkan pori sekaligus mengangkat blackhead. Kombinasi madu dapat membuat kulit terasa lembut, bersih, dan kenyal.

2. Tomat

photo
Buah tomat - (pixabay)

Tomat juga cukup umum ditemukan di dapur. Simpan terlebih dahulu tomat di dalam kulkas hingga dingin lalu haluskan menjadi puree. Aplikasikan puree tomat pada area kulit wajah yang memiliki komedo hitam.

Lakukan ini sebelum tidur dan biarkan semalaman. Bilas wajah saat bangun di pagi hari dan lanjutkan dengan rutinitas skincare pagi hari.

Tomat dinilai sebagai eksfoliator alami. Alasannya, tomat dapat membantu memebrsihkan pori dan membuat kulit terasa lebih segar.

3. Baking soda

photo
Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur. - (ist)

Baking soda dapat membantu membersihkan wajah dari komedo. Untuk memanfaatkannya, campurkan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air putih.

Aduk hingga kontistensinya seperti pasta. Setelah itu, aplikasikan di wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat kuku.

Seperti tomat, baking soda juga merupakan eksfoliator alami. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri. Penggunaan tes patch dianjurkan sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement