Ahad 13 Dec 2020 17:19 WIB

Tak Perlu Baju Baru, Ini Trik Agar Penampilan tak Monoton

Perempuan hanya menggunakan 20 persen dari keseluruhan baju yang dimiliki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Trik agar penampilan tak tampak monoton dengan pemakaian baju yang sama berulang kali (ilustrasi).
Trik agar penampilan tak tampak monoton dengan pemakaian baju yang sama berulang kali (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang cenderung menggunakan baju yang sama berulang kali sehingga penampilan mereka tampak membosankan. Padahal, mereka mungkin memiliki cukup banyak baju di lemari pakaian masing-masing.

Kebiasaan ini juga pernah disoroti dalam sebuah penelitian ilmiah. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa perempuan sering kali hanya menggunakan 20 persen dari keseluruhan baju yang mereka miliki.

Agar penampilan tak tampak monoton dengan pemakaian baju yang sama berulang kali, setidaknya ada lima trik yang bisa membantu. Berikut ini adalah kelima trik tersebut, seperti dilansir di Entrepreneur, Ahad (13/12).

1. Bersihkan lemari pakaian

 

Kondisi lemari pakaian yang berantakan tak jarang membuat orang malas untuk mencari-cari baju. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dan membereskan lemari pakaian serapi mungkin.

2. Simpan dan kelompokkan pakaian

Simpan seluruh pakaian yang dimiliki sesuai dengan dua hal, yakni jenis dan warna pakaian. Terkait jenis, pakaian bisa dikelompokkan berdasarkan kategori blus, kemeja, jaket, celana, gaun, dan lainnya. Setelah dikelompokkan berdasarkan jenis, urutkan kembali pakaian pada tiap-tiap kategori berdasarkan warnanya.

3. Buat kombinasi baru

Luangkan waktu dalam satu hari untuk menyusun kombinasi pakaian yang akan dikenakan dalam satu minggu ke depan. Cara ini dapat menghindarkan situasi di mana seseorang terburu-buru atau bingung untuk memilih pakaian ketika akan pergi.

Coba untuk lebih kreatif dan tak takut bereksperimen ketika menyusun kombinasi pakaian ini. Upayakan untuk tidak mengulang pakaian yang sama dalam satu minggu. Misalnya bila dalam satu hari sudah menggunakan kemeja dan celana panjang, coba padu-padankan kemeja dengan rok di kemudian hari.

4. Gunakan aksesoris

Penggunaan aksesoris yang tepat dapat membuat penampilan terlihat lebih menarik. Variasi aksesoris juga bisa membuat pakaian yang kerap digunakan berulang jadi memiliki kesan yang berbeda.

5. Hindari pakaian mencolok

Pakaian dengan bahan yang bersinar atau mencolok akan sangat mudah diingat. Pakaian seperti aman digunakan cukup sering bila tahu cara memadu-padankannya secara kreatif. Namun bila tidak bisa, sebaiknya pakaian seperti ini jangan terlalu sering digunakan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement