Selasa 03 Nov 2020 14:50 WIB

Kalung Disabilitas Dijual Bebas, Dibeli untuk Hindari Masker

Kalung disabilitas ditemukan dijual di situs eBay.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Kalung hidden disabilities dijual di toko daring dan disalahgunakan oleh orang yang tak mau pakai masker.
Foto: The Sun
Kalung hidden disabilities dijual di toko daring dan disalahgunakan oleh orang yang tak mau pakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penjual di situs eBay menuai amarah warganet lantaran menjual kalung khusus "bebas masker". Kalung itu seharusnya diperuntukkan bagi orang-orang dengan kondisi tertentu yang bisa menghindari penggunaan masker.

Kalung khusus dengan motif bunga matahari itu, dulunya memang dijual di supermarket sejak 2016. Tujuannya agar orang bisa mengenali mereka yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga

Sejak awal lockdown, skema kalung khusus bertuliskan ‘Hidden Disabilities’ itu telah mulai mencetak kartu dengan tambahan tulisan ‘Face Mask Excempt’ bagi mereka yang tidak dapat memakai masker karena kondisi fisik atau mental tertentu. Kartu dan kalung "bebas masker" itu diberikan oleh badan amal atau dapat dibeli langsung dari situs web Hidden Disabilities.

Mereka yang membutuhkan, tidak perlu menyodorkan rekomendasi dari dokter untuk membelinya, namun tercantum siapa saja yang bisa menggunakannya. Kalung dan kartu itu dijual 55 pence (Rp 10.500) tetapi situs web secara tegas menyatakan, ‘item ini bukan untuk dijual lagi’.

Saat ini, ada 438 daftar penjual kalung khusus itu di seluruh eBay dengan harga mulai dari 99 pence (Rp 18.850) hingga beberapa penjual menawarkan £ 23 (Rp 437.500). Beberapa bahkan menawarkan promosi seperti beli dua gratis satu atau menawarkan harga lebih rendah untuk beberapa pembelian.

Parahnya lagi, tali khusus tidak resmi itu juga dijual kepada mereka yang tidak ingin menggunakan masker. Dan daftar tersebut telah memicu kekhawatiran di antara mereka yang menggunakan tali khusus karena memang butuh. Sementara orang-orang sehat juga membelinya hanya karena mereka tidak ingin memakai masker.

”Orang yang tidak dalam kondisi medis tertentu dan hanya tidak ingin memakai masker lalu membeli kalung khusus, itu akan menjadi masalah. Karena itu berarti mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan, akan dicurigai di tempat publik,” tulis salah seorang pengguna Twitter.

Yang lain setuju dengan pendapatnya dan mengatakan, “Sayangnya banyak orang menyalahgunakan kalung khusus ini sebagai cara untuk menghindari penggunaan masker,”

Sementara yang lainnya juga menulis, "Penyalahgunaan (kalung khusus) oleh mereka yang ingin mendorong agenda anti-masker (dan jujur saja, anti-sains) ini mengkhawatirkan,"

Meskipun masker adalah wajib di sebagian besar tempat umum, ada pengecualian bagi mereka yang tidak perlu memakainya. Menurut panduan resmi Pemerintah Inggris, kelompok berikut tidak diharuskan memakai masker saat berada di transportasi umum, toko, pub atau restoran:

- Anak di bawah usia 11 tahun.

- Orang yang tidak bisa memakai masker, memakai atau melepas masker karena penyakit atau gangguan fisik atau mental, atau kecacatan.

- Seorang karyawan operator transportasi atau di lingkungan dalam ruangan lainnya, jika sesuai dan memang saat mereka dalam pelaksanaan pekerjaan mereka.

- Di mana masker menyebabkan kesulitan yang parah bagi pemakainya

- Penjawab darurat seperti petugas polisi, paramedis atau petugas pemadam kebakaran yang bertindak dalam menjalankan tugas mereka.

- Seseorang yang berbicara atau membantu siapa saja yang mengandalkan membaca bibir, suara yang jelas, atau ekspresi wajah untuk berkomunikasi.

- Seseorang yang bertindak untuk menghindari cedera atau risiko cedera, pada diri sendiri atau orang lain (termasuk jika hal itu berdampak negatif pada kemampuan untuk berolahraga atau berpartisipasi dalam aktivitas berat).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement