Kamis 08 Oct 2020 05:22 WIB

RS Medistra Luncurkan Program Funsolation

Program Funsolation untuk isolasi mandiri OTG.

RS Medistra Luncurkan Program Funsolation
Foto: Dok Republika
RS Medistra Luncurkan Program Funsolation

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Rumah Sakit Medistra meluncurkan program baru bertajuk Funsolation. Program ini untuk masyarakat yang menginginkan isolasi mandiri yang tidak bisa dilakukan di rumah.

Funsolation ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan kondisi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Pasien dengan Gejala Minimal dengan kondisi medis yang baik. Bisa juga bagi pasien dengan kondisi medis yang baik dan sedang menunggu hasil PCR swab test sebagai syarat untuk pemulangan pasien.

Baca Juga

Direktur RS Medistra Dini Handayani mengatakan, Funsolation adalah program Isolasi mandiri berbayar dengan tema utama ‘Fun Activity’.

Aktivitas yang menyenangkan diantaranya berjemur di bawah sinar matahari; olah raga harian; aneka permainan sepert pingpong atau bilyard; menonton film; karaoke dan  creative workshop.

 

“Dengan Fun Activity itu semua, masa isolasi menjadi penuh dengan aktivitas yangmenyenangkan. Kita benar-benar dapat menikmati semua aktivitas sehari-hari kita seperti layaknya sebelumnya pandemi Covid-19 ini berlangsung. Tentu saja harapannya adalah kesembuhan yang lebih cepat dan mumpuni karena kegembiraan memperkuat imunitas tubuh,”ujar Dini melalui siaran persnya, Selasa (6/10).

Di dalam program ini, pasien akan mendapatkan fasilitas kamar penginapan pribadi dengan fasilitas TV, WIFI, Netflix, telp  dan room service; Makan 3 kali sehari dan kudapan 2 kali sehari;  Air mineral; binatu; ; bersih-bersih kamar; masker dan Alat Pelindung Diri (APD).

Fasilitas ini juga didukung oleh perawat yang selalu siap sedia di lokasi hotel untuk menjamin keselamatan pasien selama menjalani isolasi.

“Visitasi dokter umum dan dokter spesialis akan dilakukan sesuai kebutuhan,’ ujar Dini.

Pasien, lanjut Dini, akan berkesempatan untuk memiliki aktivitas dengan pasien lain yang memiliki tingkat infeksi yang sama (diukur melalui CT level), sehingga dijamin tidak terjadi penularan antar pasien selama masa isolasi.

“Kategori ini kami pastikan sudah sesuai dengan pasien yang dimasukkan dalam kategori isolasi mandiri dari Kementerian Kesehatan RI serta kategori dari WHO serta CDC (Centers of Disease Control and Prevention),”tambah Dini.

Dalam menjalankan Funsolation, Rumah Sakit Medistra bekerja sama dengan Hotel Pomelotel yang berada di daerah Jakarta Selatan dan tidak terlalu jauh lokasinya dari Rumah Sakit Medistra. Jika kasus dengan gejala sedang atau berat akan dirawat sepenuhnya di Rumah Sakit Medistra.

Pomelotel terdiri dari dua gedung terpisah, yakni Gedung A dan Gedung B  Pomelotel memperuntukkan Gedung A dengan kapasitas 76 kamar untuk isolasi pasien Covid-19 dari Rumah Sakit Medistra tanpa gejala atau gejala ringan. Sedangkan Gedung B Pomelotel tetap dioperasikan sebagaimana biasanya dan dibuka untuk umum dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan arahan yang tercantum pada KEPMENKES RI NOMOR HK. 01.07/MENKES/328/2020.

Untuk kamar dengan kapasitas satu pasien, harga promo dipatok Rp 1,5 juta permalam.

Kamar tersebut dapat ditempati dengan kapasitas maksimal dua orang, berlaku utk keluarga, dengan kondisi medis yang sama.

Promo ini berlaku selama bulan Oktober 2020.

Selain kegiatan yang bersifat menyenangkan dalam Fun Activity, Isolasi Mandiri ala Medistra ini juga diisi dengan edukasi. Pasien akan diberi pencerahan tentang konsep isolasi mandiri itu sendiri, bagaimana pentingnya dan apa manfaatnya.

Sejumlah layanan lain adalah fasilitas pengantaran. Pasien langsung diantar dari RS Medistra ke Pomelotel setelah sebelumnya menjalani rangkaian pemeriksaan.

“Selama perawatan, selain dibawah pengawasan dokter dan dokter kunjung, pasien juga akan senantiasa didampingi perawat berpengalaman dari RS Medistra,” kata Dini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement