Kamis 08 Oct 2020 02:07 WIB

25 Hal yang Jarang Diketahui tentang Eddie Van Halen

Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) setelah berjuang melawan kanker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Eddie Van Halen tampil di Wantagh, New York, AS pada 13 Agustus 2015. Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah berjuang melawan kanker.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID,

14. Pada 1994, Eddie ikut menulis riff untuk lagu "Evil Eye" dengan Tony Iommi dari Black Sabbath, Geezer Butler, dan Tony Martin untuk album mereka Cross Purposes. Dia tidak mendapat kredit karena batasan perusahaan rekaman.

15. Eddie telah memberikan kontribusi musik untuk soundtrack untuk film Over the Top, Twister, dan Lethal Weapon 4.

16. Pada 2009, Eddie menjadi kameo di musim ketujuh pemutaran perdana sitkom Two and a Half Men.

17. Eddie mempopulerkan tapping, yakni menggunakan ketukan tangan di leher gitar. Sebetulnya, bukan dia yang menemukannya dan banyak gitaris sebelumnya telah menggunakan teknik ini.

18. Eddie memegang dua paten, satu untuk dukungan yang memungkinkan musisi memegang alat musik bersenar dari belakang dan satu lagi untuk produk yang dengan cepat mengubah penyeteman senar E rendah pada gitar.

19. Pada 1980, Eddie bertemu aktris Valerie Bertinelli di sebuah konser Van Halen di Shreveport, Louisiana. Mereka menikah pada 1981 dan memiliki seorang putra.

20. Seperti yang dilakukan orang tuanya dengannya, Eddie menamai putranya dengan nama seorang komposer, Wolfgang Amadeus Mozart. Dia memanggil putranya Wolfgang.

21. Setelah bercerai dengan Bertinelli pada 2005, Eddie menikah dengan aktris, pemeran pengganti, dan humas Van Halen, Janie Liszewski pada 2009.

22. Pada 1999, Eddie menjalani operasi penggantian pinggul untuk memperbaiki kerusakan akibat melompat-lompat selama bertahun-tahun di atas panggung.

23. Pada 2000, Eddie dirawat karena kanker lidah. Pada 2002, dia menjalani operasi yang membuat sepertiga lidahnya diangkat.

24. Pada 2004, Eddie menghadiri pemakaman gitaris band rock Pantera Dimebag Darrell. Eddie menyumbangkan gitar hitam dan kuning yang terlihat di inlay album Van Halen II. Itu adalah favorit Dimebag, sehingga rocker itu dimakamkan dengannya dalam peti mati.

25. Cara favorit Eddie untuk bersantai adalah dengan duduk di tempat tidur dan menonton tayangan ulang Law & Order (1990).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement