Rabu 06 May 2020 09:32 WIB

Kafein untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kafein mengandung vasokonstriktor yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Kafein mengandung vasokonstriktor yang bermanfaat untuk kecantikan kulit (Foto: ilustrasi kulit sehat)
Foto: Piqsels
Kafein mengandung vasokonstriktor yang bermanfaat untuk kecantikan kulit (Foto: ilustrasi kulit sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kafein yang kita kenal biasanya diandalkan untuk membuat seseorang terjaga. Namun, jangan salah, masih banyak manfaat lain dari kafein yang jarang diketahui.

Dilansir di laman Mind Body Green, Rabu (6/5), kafein juga dapat digunakan untuk manfaat kecantikan. Sebab, kafein adalah vasokonstriktor yang dapat menekan pembuluh darah di kulit sehingga dapat menjadi penenang kulit yang bagus.

Baca Juga

"Pembuluh darah yang menyempit dapat mengurangi kemerahan pada kulit, seperti kondisi rosacea atau sejenis kemerahan dan pembilasan secara umum,” ungkap Dokter Spesialis Kulit, Zenovia Gabriel, MD, FAAD.

Satu studi pada 2018 lalu tentang konsumsi kopi berkafein menemukan, peminum kopi yang rajin, 23 persen lebih kecil kemungkinannya menderita rosacea. Sebab, pembuluh darah yang menyempit bisa membantu mengurangi peradangan itu.

Selain itu, lanjut Gabriel, kafein memiliki manfaat yang sama seperti serum vitamin C yang dapat dipercaya untuk meningkatkan kualitas kulit. Kafein memiliki banyak sifat antioksidan yang membantu sel kulit menetralkan radikal bebas yang merusak. Ada pula penelitian yang menunjukkan kemampuan kafein untuk mencerahkan kulit.

"Kafein memiliki manfaat antioksidan, dan ini dapat membantu mencerahkan kulit,” ujar Dermatologi Loretta Ciraldo, MD, FAAD.

Ciraldo menambahkan, kafein bisa membantu menyamarkan selulit. Akan tetapi hasilnya memang tidak akan memperhalus kulit seperti sedia kala.

Berdasarkan keterangan ini, artinya kafein dapat membantu penampilan, tetapi tentu saja tidak selamanya. Namun, kafein bisa membantu menyelesaikan permasalahan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement