Kamis 23 Apr 2020 10:08 WIB

Manfaat Kunyit: Penghilang Rasa Sakit Hingga Membentuk Otot

kunyit bisa mempercepat pemulihan pascapelatihan untuk atlet.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Karta Raharja Ucu
(Foto: ilustrasi teh kunyit)
Foto: PxHere
(Foto: ilustrasi teh kunyit)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang populer di Indonesia. Namun selain sebagai bumbu masakan dan pewarna makanan karena warnanya yang kuning, kunyit rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Lebih dari sekedar 'superfood', kunyit merupakan anti-inflamasi alami. Sejumlah penelitian menunjukkan, kunyit bisa sama efektifnya dengan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen. Bahkan, kunyit bisa mempercepat pemulihan pascapelatihan dan membantu mengurangi penderitaan akibat cedera olahraga.

Seperti disadur dari Menshealth, penelitian menunjukkan kunyit juga kemungkinan bisa bermanfaat bagi atlet berusia tua yang ingin mempertahankan massa ototnya. Untuk sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences, para ilmuwan ingin menyelidiki apakah curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, mungkin dapat mencegah hilangnya otot yang berkaitan dengan usia.

Untuk melakukan ini, mereka memberi makan tikus tua (bukan tikus olahraga, tikus sebenarnya) diet dengan atau tanpa kurkumin selama empat bulan. Dari penelitian itu, mereka lantas menemukan tikus yang diberi suplemen mempertahankan massa otot lebih banyak secara signifikan.

Kabar baiknya, mereka optimistis efek ini mungkin terbawa ke manusia juga. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan kunyit ke dalam makanan anda jika ingin tetap mempertahankan otot yang telah terbentuk itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement