Jumat 17 Apr 2020 08:49 WIB

Cara Sederhana Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pilihan gaya hidup berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Pilihan gaya hidup berdampak pada sistem kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi gaya hidup sehat)
Foto: Needpix
Pilihan gaya hidup berdampak pada sistem kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi gaya hidup sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh menjadi hal yang diperhatikan saat ini. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan meningkatkan imunitas?

Secara sederhana, tubuh memiliki sistem kekebalan yang canggih untuk melindungi diri dari penyakit. Pilihan gaya hidup berdampak pada kemampuan untuk memperkuat atau melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga

Aktivitas berisiko, seperti merokok dan penggunaan alkohol berlebihan, bisa melemahkan sistem pertahanan optimal tubuh. Itu sebabnya penting mengonsumsi makanan sehat dan bergerak untuk menguatkannya.

Walaupun meningkatkan respons kekebalan tubuh bukanlah jaminan menghindari infeksi virus, setidaknya cara itu menjadi bentuk usaha untuk mengurangi risiko terkena penyakit. Lagi pula, ada banyak pilihan gaya hidup yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, merangkum saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip laman Daily Union, Jumat (17/4).

Kelola stres

Ada berbagai cara untuk melakukan ini. Setiap orang mengelola stres mereka secara berbeda. Banyak dari kita melampiaskan stres ke makanan untuk membantu mengelola stres.

Alih-alih begitu, coba opsi membaca jurnal, meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau membuat daftar ucapan terima kasih. Gagasan lain termasuk menelepon teman, mencoba sesuatu yang baru, berada di alam, melakukan sesuatu yang disukai, atau mengekspresikan diri secara kreatif dengan musik atau seni.

photo
(Foto: ilustrasi makanan sehat) - (Needpix)

Hindari tembakau dan alkohol

Tembakau dan alkohol berkontribusi terhadap peradangan kronis dan peningkatan racun dalam tubuh. Racun ini mengurangi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah putih dan melawan virus dan bakteri.

Tetap terhidrasi

Minum air membantu tubuh menghilangkan racun secara alami dan menjaga sistem mengalir dengan lancar. Tujuan meminum setidaknya 64 ons atau delapan gelas air setiap hari mungkin agak banyak.

Tidur

Terkait tidur, kualitas lebih penting daripada kuantitas (idealnya 7-9 jam setiap malam). Untuk meningkatkan kualitas tidur, pertimbangkan menghindari teknologi atau layar setidaknya 90 menit sebelum tidur.

Coba opsi membaca, menulis jurnal, atau mendengarkan musik lembut sebelum tidur. Pastikan kamar tidur sejuk, gelap, dan tenang. Selain itu, hindari menyalakan TV sambil berbaring di tempat tidur.

Gerakkan tubuh

Olahraga teratur membantu melawan peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Temukan cara untuk melakukan aktivitas fisik, seperti mengambil langkah ekstra saat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Gerakan minimal 20 menit bisa efektif, dengan tujuan menggerakkan tubuh setiap hari. Jika aktif setidaknya 150 menit per pekan, Anda melakukan yang terbaik dan perlu konsisten.

Pilih makanan anti-inflamasi

Banyak yang menimbun makanan kaleng atau kotak, tetapi baiknya ganti dengan makanan kaya nutrisi dan kaya antioksidan. Coba konsisten dengan buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan protein.

Tetap terhubung

Sudah menjadi sifat alami manusia untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang lain, yang membuat tantangan sosial, frustrasi, dan kadang-kadang membuat depresi. Bahkan, hubungan singkat dan virtual dengan orang lain dapat meningkatkan emosi positif yang telah terbukti meningkatkan kekebalan kita.

Selama pandemi ini, tetaplah berhubungan dengan teman dan keluarga, bahkan jika harus melalui Face Time, Skype, Zoom, SMS, atau panggilan telepon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement