Rabu 19 Feb 2020 19:00 WIB

Sambal Daun Jeruk di Restoran Bu Eva, Pedasnya Nampol

Restoran Bu Eva Spesial Sambal menawarkan sambal daun jeruk yang pedasnya nampol.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sambal daun jeruk. Salah satu menu sambal favorit di Restoran Bu Eva Spesial Sambal.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Sambal daun jeruk. Salah satu menu sambal favorit di Restoran Bu Eva Spesial Sambal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar masakan pedas di Jakarta kini punya alternatif baru dalam melepaskan selera makannya. Restoran Bu Eva Spesial Sambal belum lama ini dibuka di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Restoran milik Kulo Group itu menawarkan 30 jenis sambal khas Nusantara. Salah satu sambal yang wajib Anda coba adalah sambal daun jeruk. Yang satu ini, pedasnya nampol!

Sambal dari cabai rawit merah itu diulek kasar bersama bumbu lainnya. Tak lupa, daun jeruk ditambahkan hingga membuat aromanya semakin menerbitkan air liur.

"Saya paling suka sambal daun jeruk karena rasanya paling pedas, wangi kalau dimakan," ujar Founder Kulo Group, Michelle Sulistyo, dalam acara grand opening Restoran Bu Eva Spesial Sambal di Jakarta, Kamis (13/2).

Selain sambal daun jeruk, Michelle juga merekomendasikan sembilan jenis sambal lain yang wajib dicoba, yaitu sambal kecap, sambal lado ijo, sambal korek, sambal bawang, sambal penyet, sambal pecel, sambal terasi tomat, dan sambal terasi mangga. Di samping itu, banyak juga orang suka sambal matah.

"Karena selera orang berbeda," ungkap Michelle.

Menurut Michelle, Restoran Bu Eva Spesial Sambal mengeksplorasi sambal nusantara. Mayoritas sambal dari Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah. Tapi, ada beberapa sambal yang diadopsi dari luar Jawa.

"Bedanya sambal nusantara adalah dari bahan yang digunakan dan campurannya. Ada daun jeruk, teri, bawang, tempe, pete, tahu, dan lainnya. Proses pembuatannya ada yang diulek dan diblender," jelasnya.

Sambal yang disajikan di restoran yang berlokasi di Jalan Bendungan Hilir Raya, Blok G.I no 4, Jakarta Pusat itu dibagi dalam beberapa level atau tingkat kepedasan. Seperti sambal lado merah, rasanya tidak begitu pedas, hanya level dua. Sedangkan sambal daun jeruk, tingkat kepedasannya ada pada level lima.

"Tapi tidak bisa pilih level kepedasan, kalau ingin daun jeruk level satu, tidak bisa. Karena sudah ada formulanya," tutur Michelle.

Ketika Anda mencicipi aneka sambal di restoran ini, rasanya berbeda-beda, ada yang pedas manis, ada yang biasa saja, ada yang pedas, dan ada yang pedas nampol.

Ke depannya, Michelle berencana menghadirkan sambal nusantara lainnya untuk menambah variasi sambal Bu Eva. Sebagai lauk, ia menawarkan ayam bakar, ayam kremes, ayam goreng, ikan, cumi, lalapan, dan sayur-sayuran, seperti sayur asem.

Selama masa pembukaan, mulai 20 Februari hingga 23 Februari, ada promo 50 persen. Promo hanya berlaku untuk makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement