Senin 10 Feb 2020 05:53 WIB

Alasan Wajib Mencuci Wajah di Malam Hari

Mencuci wajah bisa menjadi hal berat di malam hari, padahal manfaatnya lumayan besar.

Rep: Puti Almas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mencuci wajah (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Mencuci wajah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah melewati aktivitas sehari-hari, terkadang banyak orang yang merasa terlalu lelah untuk melakukan perawatan wajah. Termasuk mencuci wajah di malam hari sebelum tidur yang bisa menjadi salah satu hal sangat berat untuk dilakukan.

Dilansir Bold Sky, sejak lama membersihkan wajah dengan mencuci muka sebelum tidur disarankan oleh para ahli untuk wajiib dilakukan. Salah satu alasannya adalah itu adalah cara terbaik untuk merawat kulit dan menjadikannya sehat.

Selain itu, berikut beberapa alasan yang membuat Anda benar-benar wajib mencuci muka di malam hari :

1. Membersihkan pori-pori kulit

Kulit akan menghasilkan penumpukan sel, yang dikenal sebagai sel kulit mati. Di wajah, ini dapat menyumbat pori-pori dengan cepat, jika Anda tidak membersihkannya dengan tepat.

Selain itu, prouk riasan yang digunakan juga dengan mudah meresap ke dalam pori-pori wajah. Jika dibiarkan dalam waktu lama akan semakin menyumbat pori-pori kulit.

Dengan mencuci muka dan membersihkannya secara menyeluruh, semua kotoran akan hilang dan pori-pori kulit menjadi bersih. Jangan lupa lakukan eksfoliasi dengan produk seperti scrub minimal seminggu sekali untuk membuat kulit semakin sehat dan tampak bercahaya.

2. Turunkan resiko jerawat

Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat. Membersihkan kulit Anda di malam hari membuka pori-pori yang tersumbat serta menghilangkan semua kotoran dari ajah yang dapat menyebabkan infestasi bakteri. Tak hanya itu, produk riasan yang masih tersisa atau menempel sepanjang malam juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo.

3. Peremajaan kulit

Tidur yang berkualitas dapat membuat kulit Anda lebih sehat. Setiap malam, saat tidur kulit melakukan proses peremajaan dengan melepaskan sel-sel kulit mati, serta memperbaikinya.

Hal itu yang membuat saat tidur enam hingga delapan jam, kulit akan tampak lebih sehat dan bercahaya. Naun, saat Anda tidak mencuci wajah di malam hari sebelum beristirahat, proses regenerasi yang seharusnya berlangsung menjadi terhambat.

4. Hindari kulit kusam

Kulit dengan mudah terpapar debu, kotoran, hingga polusi di siang hari. Hal itu menyebabkan kulit Anda tidak sehat dan dengan mudah menjadi kusam.

Terlebih, jika Anda menggunakan riasan, maka produk-produk tersebut rentan membuat kerusakan. Karena itu, perlu untuk membersihkan wajah secara menyeluruh di malam hari untuk menghilangkan segala paparan berbahaya yang mengenai kulit setelah seharian beraktivitas, sehingga kulit akan bebas dari kusam.

Puti Almas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement