Kamis 06 Feb 2020 22:33 WIB

Saoirse Ronan Kembali Bersinar di Film Little Women

Peran Saoirse Ronan di 'Little Women' disebut memikat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Peran Saoirse Ronan di 'Little Women' disebut memikat (Foto: salah satu adegan dalam film Littel Women)
Foto: dok. Sony Pictures
Peran Saoirse Ronan di 'Little Women' disebut memikat (Foto: salah satu adegan dalam film Littel Women)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menuai banyak pujian karena perannya di film Lady Bird 2017 silam, aktris muda Saoirse Ronan kembali bersinar di sinema terbarunya. Akting Ronan sebagai Jo March di film Little Women sangat kuat dan memikat.

Ronan kembali berperan di bawah arahan sutradara Greta Gerwig yang juga menyutradarai Lady Bird. Duet terkini mereka terbilang sukses menghadirkan sebuah sinema adaptasi novel klasik yang menyentuh sekaligus penuh inspirasi.

Baca Juga

Kesungguhan akting Ronan membuatnya diganjar nominasi aktris terbaik pada Academy Awards ke-92. Ada enam total nominasi Oscar yang didapatkan Little Women, termasuk kategori film terbaik, aktris pendukung terbaik, dan skenario adaptasi terbaik.

Sosok Jo adalah perempuan keras kepala, memegang teguh prinsip, dan sangat visioner bagi kaum hawa di era 1860-an, latar waktu berlangsungnya kisah. Jo sangat suka menulis, dia kerap mengirimkan tulisannya ke penerbit sebagai karya anonim.

Kemauan kuat tokoh Jo yang ingin menghidupi diri dan membantu keluarga dengan jerih payahnya sendiri sangat terlihat dalam film. Pada masa tersebut, sistem sosial masyarakat cenderung menganggap perempuan kurang berdaya terkait memperoleh penghasilan.

Perempuan didorong mencari pria kaya sebagai suami, tidak lain supaya kesejahteraannya terjamin. Jo menolak anggapan itu mentah-mentah. Pada awal kisah, dengan ekstrem dia menyatakan tidak mau menikah serta hendak fokus mencapai mimpi dan cita-cita.

Alur film yang dibuat maju-mundur dengan berbagai adegan kilas balik menggambarkan proses pendewasaan Jo. Dia tidak sendiri, tetapi juga menceritakan ketiga saudarinya, Meg (Emma Watson), Amy (Florence Pugh), dan Beth (Eliza Scanlen).

Masing-masing anak perempuan keluarga March itu punya watak berbeda tapi saling melengkapi. Jo si penulis, Meg yang berbakat jadi aktris, Amy si pelukis, serta Beth si pianis, punya cara berbeda dalam menjalani dan memaknai hidup.

Perspektif kisah empat saudari tersebut mewakili beragam perempuan di periode silam. Perempuan modern dan masyarakat pada umumnya bisa mendapat gambaran menarik dari cerita mereka. Film sudah bisa disimak di bioskop Indonesia mulai 7 Februari 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement