Senin 03 Feb 2020 12:29 WIB

Nycta Gina: Bermain Penting Bagi Anak

Nycta Gina merekomendasikan orang tua bermain dengan anak.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Nycta Gina merekomendasikan agar orang tua bermain bersama anak.
Foto: Republika/Noer Kusumawardhani
Nycta Gina merekomendasikan agar orang tua bermain bersama anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai orang tua yang telah memahami anak, figur publik Nycta Gina menganggap bermain merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak. Ia meyakini, anak-anak memang sudah seharusnya bermain.

"Menurut aku penting banget, karena anak itu harus bermain. Anak kecil itu ya bermain ya belajar," tutur Gina usai acara Cussons Bintang Kecil Season 8 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Ahad (2/2).

Baca Juga

Menurut Gina, anak bisa melatih kreativitasnya dengan bermain. Imajinasi anak pun bisa berkembang karena bermain.

Perempuan berusia 35 tahun itu tak sependapat dengan orang lain yang menganggap anak jangan terlalu sering bermain. Sebab, semakin banyak permainan yang dieksplorasi, anak justru akan semakin cerdas.

Menurut istri dari figur publik Kinos itu, anak mendapat banyak stimulus ketika bermain. Anak pun bisa lebih optimal tumbuh kembangnya.

"Bermain itu bisa menstimulasi semuanya, sensoriknya, motoriknya, kognitifnya. Jadi sepertinya benar-benar melatih semua fase perkembangan anak," ujar dia.

Selain itu, dengan bermain bersama dengan anak, orang tua juga bisa melihat fase perkembangan anak. Orang tua juga bisa menambah ikatan batin dengan anaknya saat bermain.

"Kalau bermain, memang sebaiknya ditemani oleh orang tuanya. Sebab akhirnya kita bisa meningkatkan ikatan dengan anak dan mainnya jadi lebih terarah," jelas perempuan yang juga seorang penyiar itu.

Gina menyebut, dengan bermain bersama anak, maka orang tua juga menjadi lebih memahami karakter anaknya. Termasuk mengetahui bakat dan kesukaan dari anaknya yang kemudian bisa dikembangkan.

"Dari situ kan kita jadi tahu, misalnya ternyata anak saya lebih suka ke musik. Yang seperti itu jadi bisa lebih ketahuan," kata Gina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement