Senin 13 Jan 2020 07:31 WIB

Yoga, Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. (Ilustrasi Olahraga Yoga)
Foto: Piqsels
Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. (Ilustrasi Olahraga Yoga)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Sebab, selain membuat pikiran lebih rileks dan tenang, yoga yang rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan lentur.

Namun, dari manfaat olahraga yoga, apakah yoga dapat menurunkan berat badan kita? Dilansir di laman Women's Health, Senin (13/1), ada beberapa manfaat yang bisa diambil ketika kita melakukan yoga secara rutin.

Baca Juga

Yoga mengubah komposisi tubuh

Yoga dapat mengubah komposisi tubuh, jika itu memang tujuan melakukan yoga. Bergantung kepada jenis yoga itu sendiri, yoga dapat membakar kalori dapat dapat ruang mental yang tepat untuk membuat keputusan yang akan membantu kita menurunkan berat badan.

"Mulai dari membatasi makan emosional hingga mendapatkan hasil maksimal dari latihan," kata instruktur yoga yang berpusat di AS, Rebecca Pacheco.

Dia mengatakan, yoga membuat kita dapat memiliki kemampuan untuk sepenuhnya hadir dan menikmati kekuatan. Yoga juga menimbulkan kapasitas penuh dari pikiran dan tubuh untuk bekerja bersama dalam mendukung penurunan berat badan.

Jika penurunan berat badan adalah tujuan keseluruhan untuk melakukan yoga, maka jenis yoga yang akan dilakukan sangat penting. 'Jenis yang lebih santai, seperti salah satu bentuk Hatha, mungkin tidak mendongkrak tungku internal sebanyak itu,' kata trainer yoga, Jonathan Amato.

Sebagai perbandingan, lanjut dia, Bikram dan yoga panas dapat menyebabkan pembakaran kalori yang sangat besar. Keduanya dapat melibatkan posisi yang semakin sulit yang menyebabkan detak jantung melonjak.

 

photo
Berlatih yoga hanya sekali atau dua kali sepekan juga cukup untuk memberikan manfaat bagi otak.

Untuk mengoptimalkannya, kita bisa menambahkannya dengan melakukannya pada ruangan dengan suhu yang panas. Banyaknya pengunjung kelas juga akan membakar lebih banyak kalori.

Sebagai perbandingan, yoga Hatha, yaitu yoga dengan pose lembut dan latihan peregangan, membutuhkan tenaga yang jauh lebih sedikit. Hal itu menjadikannya bagus untuk semua tingkat kebugaran. Hatha juga dilakukan di kamar tanpa pemanas.

"Anda juga harus mencari kelas yang menggabungkan 'pose yang fokus pada kelompok otot besar untuk meningkatkan pembakaran kalori," kata Pacheco.

Yoga bisa membentuk tubuh

Kita juga bisa membentuk otot kita dengan melakukan yoga.  Sebab, yoga juga mengharuskan kita menggunakan berat badan untuk melakukan pose-pose menantang, yang dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot.

"Jika semua yang Anda lakukan adalah latihan beban dan kardio, penambahan yoga sekali atau dua kali seminggu akan menimbulkan tantangan baru bagi tubuh Anda untuk beradaptasi. Adaptasi ini adalah apa yang akan membuatmu menjadi lebih baik secara keseluruhan," kata Amato.

Tentu saja, 'bentuk tubuh' untuk satu orang dapat berarti sesuatu yang sama sekali berbeda dengan orang lain.  Amato mengatakan, bentuk tubuh akan bisa terbentuk jika kita melakukan tiga hal, yaitu melatih kekuatan, daya tahan atau kardio, dan mobilitas. 

"Bagi Anda, yoga mungkin menjadi kunci pilar mobilitas. Tapi beberapa bentuk menyentuh ketiganya," ungkap dia.

 

Yoga mampu membantu menghilangkan lemak perut

Selain itu, yoga dapat membantu menghilangkan lemak perut. Sebuah penelitian Harvard menunjukkan, pelatihan ketahanan sangat ideal untuk menargetkan area teetentu dari tubuh.

Meskipun demikian, ada banyak faktor yang berhubungan dengan cara menghilangkan lemak perut. Termasuk nutrisi, intensitas latihan, dan bahkan tingkat stres.

Sementara, berat badan yang bisa diturunkan dengan melakukan yoga, sangat tergantung pada banyak faktor. Termasuk kebiasaan tidur dan gaya hidup, serta apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

"Ketika berlatih yoga untuk menurunkan berat badan, sangat penting untuk menyadari apa yang Anda makan," kata ahli gizi selebriti Nicolette M. Pace, RDN.

Dia menekankan penting untuk melakukan diet yang kaya akan makanan segar dan segar. "Tidak ada trik pengobatan atau sulap untuk menurunkan berat badan dengan cepat," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement