Jumat 20 Dec 2019 12:52 WIB

Uban Mulai Tumbuh? Ini Cara Merawatnya Tetap Sehat

Uban atau rambut putih bisa tetap sehat seperti rambut hitam.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Bila merawatnya dengan benar, uban bisa tumbuh indah seperti rambut hitam (Ilustrasi uban)
Foto: Piqsels
Bila merawatnya dengan benar, uban bisa tumbuh indah seperti rambut hitam (Ilustrasi uban)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa kesulitan menyembunyikan uban yang terus tumbuh? Padahal, uban sebaiknya tak perlu ditutupi dengan mengecatnya. Bila merawatnya dengan benar, uban bisa tumbuh indah seperti rambut hitam.

Ahli Rambut dan Kulit Kepala, Anabel Kingsley, mengatakan, uban ibarat kulit tanpa pigmen. Uban sama rapuhnya dengan kulit apabila terlalu sering terpapar matahari sehingga mudah rusak.

Baca Juga

"Karena tidak memiliki melanin pigmen sebagai pelindung, uban rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari," ujar Kingsley dilansir melalui firstforwomen, Jumat (20/12).

Kingsley menjelaskan, apabila pemilik uban ingin berada di bawah sinar matahari lebih lama, maka disarankan untuk memakai produk pelindung rambut. Atau, bisa juga memakai topi.

Kingsley memaparkan, perawatan uban tidaklah sulit. Hanya saja, pemilik uban harus telaten dan rajin merawat rambutnya.

Seiring bertambahnya usia, uban akan semakin menipis dan terlihat lebih kasar. Hal ini tentu membuatnya lebih sulit untuk ditata.

Kingsley menyarankan, bila rambut sudah didominasi uban ada baiknya untuk memangkasnya lebih teratur. Ia menyarankan untuk memangkas rambut setidaknya satu kali dalam enam pekan.

Meski terlihat putih dan kusam, uban sebenarnya bisa dirawat hingga menjadi lebih cerah. Salah satu cara membuatnya cerah adalah dengan menjaga uban tetap bersih.

“Kotoran muncul lebih cepat pada rambut beruban, jadi gunakanlah sampo dan kondisioner setidaknya setiap hari untuk menjaga helai rambut beruban agar bersinar,” lanjut Kingsley.

Selain membersihkan rambut dengan sampo dan kondisioner, jangan malas memakai masker rambut. Hal ini berguna untuk memberikan kelembapan ekstra pada uban.

Pasalnya, melakukan masker rambut bisa membantu melembapkan dan menghaluskan kutikula agar terlihat berkilau dan sehat. Selain itu, masker rambut juga menjaga uban agar tidak mudah kering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement