Kamis 22 Sep 2022 17:03 WIB

Penyebab Uban Muncul Lebih Cepat Sebelum Waktunya

Uban biasanya berkaitan dengan penuaan, tapi faktanya tak selalu begitu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab uban muncul lebih cepat sebelum waktunya. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Penyebab uban muncul lebih cepat sebelum waktunya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan rambut putih atau uban merupakan bagian alami dari proses penuaan. Namun, pada sebagian orang, uban bisa muncul lebih cepat dari seharusnya.

"Uban biasanya berkaitan dengan penuaan, tapi tak selalu seperti itu," ujar ahli gizi Anjali Mukerjee, seperti dilansir NDTV, Kamis (21/9/2022).

Baca Juga

Mukerjee mengatakan, perubahan warna rambut bisa terjadi karena adanya penurunan pigmentasi secara bertahap. Penurunan pigmentasi ini ditandai dengan menurunnya produksi melanin di akar rambut, sehingga rambut-rambut baru tumbuh tanpa pigmen.

Berkaitan dengan kemunculan uban yang lebih awal dari seharusnya, Mukerjee menilai ada lima hal yang mungkin memengaruhinya. Sebagian dari hal ini mungkin tak bisa diubah, tapi sebagian lainnya bisa dimodifikasi. Berikut ini adalah kelima hal yang dapat memicu kemunculan uban lebih dini:

1. Gen

Salah satu hal yang memengaruhi kemunculan uban adalah gen. Gen ini bisa diturunkan dari orang tua, kakek, atau nenek.

2. Kekurangan protein

Terkadang, kekurangan asupan protein bisa memicu munculnya rambut putih atau uban. Hal ini bisa terjadi karena rambut terdiri dari protein. Ketika tubuh tak mendapatkan cukup protein, perubahan pada warna rambut bisa terjadi.

3. Stres

Kondisi penuh tekanan atau stres yang tak terkelola dengan baik bisa berdampak pada banyak hal, termasuk rambut. Rambut bisa memutih lebih cepat bila seseorang mengalami stres, kekhawatiran, atau kecemasan yang berkepanjangan.

4. Teh, kopi, atau alkohol

Konsumsi teh, kopi, atau alkohol yang berlebih bisa membuat kelembapan dan nutrisi yang mencapai folikel rambut menurun. Efek serupa juga bisa didapatkan dari menyantap tepung dan gula rafinasi, daging merah, makanan gorengan, makanan pedas, serta makanan asam yang berlebih.

5. Penurunan produksi melanin

Kemunculan uban yang lebih awal juga dapat didorong oleh penurunan produksi melanin. Penurunan ini bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral penting, seperti B12, asam folat, tembaga, selenium, kalsium, dan zat besi.

6. Mengubah gaya hidup

Secara umum, ada cukup banyak kebiasaan hidup yang bisa membuat uban atau rambut putih muncul lebih dini. Risiko kemunculan uban "prematur" bisa ditekan dengan cara menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, menyantap makanan yang sehat, dan mengelola stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement