Kamis 19 Dec 2019 14:12 WIB

Yoga Dua Kali Sepekan Bermanfaat Bagi Otak

Berlatih yoga hanya satu sampai dua kali sepekan bermanfaat bagi kesehatan otak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Berlatih yoga hanya sekali atau dua kali sepekan juga cukup untuk memberikan manfaat bagi otak.
Foto: Pexels
Berlatih yoga hanya sekali atau dua kali sepekan juga cukup untuk memberikan manfaat bagi otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak kegiatan fisik yang dipercaya mampu menyehatkan tubuh dan pikiran. Salah satunya latihan yoga diyakini memiliki beberapa manfaat.

Kebanyakan orang tahu bahwa yoga dapat meredakan stress bahkan membantu meringankan sakit punggung akibat duduk di meja sepanjang hari. Namun kali ini sebuah studi baru menunjukkan bahwa yoga juga dapat meningkatkan kesehatan dan kinerja otak. Dilansir laman Cnbc.com, Kamis (19/12), berlatih hanya sekali atau dua kali sepekan juga cukup untuk memberikan manfaat bagi otak.

Baca Juga

"Kami menemukan bahwa yoga tampaknya memiliki efek positif pada bidang-bidang utama "yang bertanggung jawab untuk pemrosesan memori dan informasi, serta regulasi emosional," kata Neha Gothe, penulis studi dan direktur lab psikologi latihan di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Area otak yang dimaksud adalah korteks hippocampus, amygdala dan cingulate dan prefrontal. Yoga bermanfaat bagi otak dengan cara yang mirip dengan latihan aerobik, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain Plastisitas. Selaon itu, telah terbukti meningkatkan kinerja kognitif, perhatian dan memori.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti meninjau 11 studi yang melihat efek dari berlatih yoga pada otak. Peneliti juga meyakini salah satu mekanisme utama  dari latihan yoga teratur juga adalah memengaruhi regulasi emosional.

Artinya, itu membantu mengurangi stress, kecemasan, dan respons emosional negatif lainnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa suasana hati juga terkait dengan kesehatan dan fungsi otak yang lebih baik.

Meskipun ada banyak gaya yoga yang berbeda dengan berbagai tingkat intensitas, para peneliti menemukan bahwa yoga Hatha cenderung memiliki manfaat paling besar. Ini adalah bentuk yang menggabungkan gerakan fisik (disebut asana) dengan latihan pernapasan (disebut pranayama) dan meditasi (atau dhyana).

"Jadi, kombinasi dari tiga elemen inti yoga tampaknya berdampak pada struktur dan fungsi otak," lanjut peneliti.

Seberapa lama yoga yang tepat untuk merasakan manfaat otak tergantung pada orang tersebut. Tetapi kebanyakan orang dalam studi merasakan manfaat setelah berlatih yoga hanya sekali atau dua kali sepekan, selama 10 hingga 24 pekan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur, meredakan kecemasan dan bahkan membantu tetap berpegang pada kebiasaan sehat dalam aspek lain dari kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement