Selasa 05 Nov 2019 00:34 WIB

Lagu Terakhir John Lennon untuk Ringo Starr

Ringo Starr telah mendengar versi demo lagu milik John Lennon tersebut.

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

CEKNRICEK.COM -- Drummer dari grup band legendaris The Beatles, Ringo Starr, baru-baru ini mengeluarkan album terbarunya, What's My Name. Salah satu lagu yang terdapat dalam album berdurasi 34 menit itu ditulis rekannya sesama Beatles, John Lennon, yakni Grow Old With Me.

Sekadar informasi, lagu ini dipercaya menjadi salah satu karya terakhir yang ditulis dari John Lennon. Semula lagu ini akan dirilis untuk album Double Fantasy (1980) Lennon dan istrinya, Yoko Ono. Namun, tidak kesampaian karena album itu harus dirilis sebelum Natal.

Perasaan Emosional<a href= Ringo Starr Rilis Lagu Terakhir John Lennon" />
Sumber: Istimewa

Saat ingin dirilis untuk album Milk and Honey (1981), John keburu tewas dibunuh Mark David Chapman pada 8 Desember 1980. Album itu akhirnya dirilis secara anumerta (posthumous), termasuk bersama lagu Grow Old with Me yang menggunakan beberapa rekaman rumah milik John.

Ringo akhirnya merilis versi The Beatles dari lagu itu untuk album What’s My Name yang dirilis 25 Oktober lalu. Dalam lagu itu, Ringo dibantu anggota Beatles lainnya yang masih tersisa, Paul McCartney, yang memainkan bas dan mengisi background vocal.

Baca Juga: Mengenang John Lennon, Musisi Pendiri The Beatles

Tak hanya itu, produser Jack Douglas juga memainkan memasukkan aransemen string dari Here Comes the Sun milik mendiang George Harrison. Hal ini membuat Starr merasa lagu ini direkam seperti saat The Beatles masih lengkap bersama.

''Kita semua sudah bersama sekarang. Saya sebenarnya tidak ada hubungannya dengan rencana (rekaman) itu,'' kata Starr dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Emosional

Starr yang kini berusia 79 tahun, telah mendengar versi demo lagu milik John Lennon tersebut. Dalam demo itu, John berkata,“(Lagu) Ini akan bagus untukmu, Ringo."

''Saya merasa emosional mendengarkan versi demo dari John, karena dia ternyata menulis lagu-lagu lain untuk saya. Jadi saya pikir, oh tidak, saya harus melakukan rekaman ini,'' ucap suami dari Barbara Bach itu.

Sumber: Reuters

"Saya suka lagu itu, terasa emosi dirinya berbicara kepada saya. John Lennon sudah pergi cukup lama, tapi itu emosional bagi saya. Dia adalah salah satu teman terbaik saya,” ujar Ringo Starr.

Pria kelahiran Dingle, Liverpool itu juga baru saja merilis buku berjudul Another Day in the Life. Ia juga mengaku senang lantaran album Abbey Road (1969) yang dirilis ulang tahun ini bertepatan dengan perayaan 50 tahun album berhasil menyentuh puncak tangga lagu bulan ini.

“Bukankah itu sangat luar biasa? Saya pikir itu mengesankan banyak orang lantaran album itu dibuat 50 tahun yang lalu. Kami melakukan yang terbaik dan mengemasnya dengan cara terbaik yang kami bisa,” kata Ringo Starr.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement