Sabtu 12 Oct 2019 23:23 WIB

Tips Memilih Mainan Anak

Pilah-pilih mainan anak, orang tua harus menyesuaikan dengan beberapa hal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mainan Anak
Foto: parentsavvy.com
Mainan Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia anak-anak lekat dengan bermain. Otomatis, proses bermain sangat penting bagi mereka. Dengan bermain, anak-anak tidak hanya sekedar bersenang-senang, namun dibalik itu dengan bermain mereka dapat belajar berinteraksi, melatih kreativitas, dan mengasah imajinasi.

Peran penting orang tua dalam mendampingi anak-anak bermain sangat diperlukan, termasuk dalam pemilihan mainan untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka. Di era modern saat ini, untuk mendapatkan mainan bukan lagi pekerjaan yang sulit bagi orang tua.

Di setiap sudut pusat perbelanjaan dapat kita temukan berbagai toko yang menjual berbagai jenis mainan. Tapi bagaimana cara memilih mainan yang baik?

Marketing Head Kidz Station, Ratu Wulan Permatasari, menyarankan orang tua untuk memilih mainan sesuai usia anak. Bila anak masih bayi, cari mainan yang aman untuk bayi, tidak ada bagian kecil yang bisa tertelan.

Untuk balita, pilih mainan lego dan lilin mainan. Mainan ini bagus untuk menstimulasi motorik anak. Selain itu, mainan tersebut bisa juga untuk sensor warna, sensor cara mereka berpikir untuk perkembangan otak.

"Pilih mainan sesuai tujuan orang tua, apakah untuk melatih sensorik, motorik atau hanya untuk main saja," ujarnya.

Selain itu, pilih mainan berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik juga kemanan mainan. Banyaknya mainan tiruan tidak bisa dihindari. Tapi mereka memiliki market yang berbeda dengan Kidz Station.

"Sebagai seorang ibu harus pintar dan tahu yang terbaik untuk anaknya," kata Ratu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement