Rabu 09 Oct 2019 13:31 WIB

Chef Baru JW Marriot Jakarta Pernah Memasak untuk Obama

Sejumlah politikus dan artis papan atas pernah cicipi masakan Chef Martin Weise.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari
JW Marriot Hotel Jakarta memperkenalkan Martin Weise yang ditunjuk  sebagai Executive Chef.
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
JW Marriot Hotel Jakarta memperkenalkan Martin Weise yang ditunjuk sebagai Executive Chef.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — JW Marriot Hotel Jakarta baru saja menunjuk executive chef baru. Kali ini, posisi tertinggi untuk bidang kuliner perhotelan itu dijabat oleh seorang chef dari Jerman bernama Martin Weise.

Martin merupakan chef berusia 33 tahun. Dia namun telah memiliki pengalaman selama 15 tahun. Martin sudah melanglang buana di berbagai hotel berbintang di berbagai belahan dunia, ia pun otomatis sempat memasak untuk sejumlah tokoh dan musisi dunia.

Baca Juga

“Saya pernah memasak untuk sejumlah tokoh dunia seperi Barack Obama, Vladimir Putin, Pangeran Charles dan Pangeran Saudi Arabia Al-Waleed,” kata Martin dalam sesi pengenalan Executive Chef JW Marriot Hotel Jakarta,  Selasa (8/10). Sedangkan untuk aktor atau musisi dunia, lanjutnya, beberapa yang pernah mencicipi masakannya adalah Brad Pitt, J.K. Rowling, Nicki Minaj, Nelly, Kylie Minogue, Eminem dan banyak lagi.

Selain itu, Chef Martin juga memiliki pengalaman menjadi aktor pendukung dalam film Unknown yang dibintangi oleh Liam Neeson, saat film tersebut dibuat di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, tempat Chef Martin pernah bekerja.

Selain itu, Chef Martin juga pernah bekerja di Sheraton Grand Sydney Hyde Park sebagai Acting Executive Chef dan Executive Sous Chef, serta di The Savoy London sebagai Chef de Cuisine untuk Thames. Chef yang baru sebulan menetap di Indonesia itu pun juga pernah bekerja di The Westin Sydney, Hotel Adlon Kempinski Berlin, kapal pesiar Sea Cloud II yang berlayar menyeberangi perairan Mediterania dan Karibia.

Chef berpengalaman dengan usia yang masih terbilang muda itu sengaja dihadirkan agar dapat melakukan eksplorasi secara mendalam sehingga kian memperkaya cita rasa masakan di JW Marriot Hotel Jakarta. Sebagai Executive Chef, ia bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kegiatan yang terkait dengan kuliner JW Marriot Hotel Jakarta yang terdiri dari lima gerai dan banqueting.

“Berkeliling dunia, menciptakan makanan yang terinspirasi dari berbagai budaya serta metode memasak dan berbagai rempah-rempah eksotis adalah hal yang membuat saya bersemangat. Saya percaya dengan mengunjungi berbagai negara dapat memperkaya wawasan, bukan hanya dalam keterampilan, namun juga dapat memberikan warna baru,” ujarnya.

Dalam sesi pengenalan itu, ia pun sempat menunjukkan kelihaianya dalam meracik sejumlah masakan khas Eropa baik makanan pembuka, hidangan utama dan pencuci mulut. Beberapa sajian yang ia hadirkan di antaranya adalah apple tart tatin, beef tartar, spaetzle, scallops, mackerel, lobster bisque, slow cooked wagyu, honey glazed duck dan flame goat cheese.

Secara keseluruhan, racikan Chef Martin lebih menekankan pada rasa yang diplomatis dan tekstur yang lembut. Soal penataan, tak perlu diragukan lagi. Martin juga menekankan sisi estetik dengan peletakan makanan dan perpaduan warna yang menarik sehingga setiap sajian pun terlihat sedap dipandang dan Instagramable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement