Senin 30 Sep 2019 10:33 WIB

Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker dengan Jalan Kaki

Sebuah studi bahkan menyebut, jalan kaki memberi peluang hidup lebih lama.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nora Azizah
Jalan Kaki (Ilustrasi)
Jalan Kaki (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dengan rutin berjalan selama 30-60 menit setiap hari berdampak baik bagi kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Dilansir dari Very Well Fit, Senin (30/9), berdasarkan hasil penelitian dari Honolulu Heart Study terhadap sebanyak 8.000 pria menemukan fakta bahwa dengan berjalan dua mil setiap hari mengurangi risiko kematian hampir separuhnya. Risiko kematian orang yang sering berjalan bahkan lebih rendah dari para penderita kanker.

Baca Juga

Penelitian lain pun menunjukan hal serupa, artinya jika anda rutin berjalan kaki, maka meningkatkan peluang hidup lebih lama. Tentunya juga menjadi lebih sehat.

Berjalan juga membantu mencegah kenaikan berat badan. Menurut hasil penelitian Dr. James O. Hill dari Pusat Nutrisi Manusia di Pusat Kesehatan Universitas Colorado, AS mengungkapkan jika anda menambahkan dua ribu langkah dalam sehari pada aktivitas sehari-hari maka kemungkinan anda tak akan mengalami kenaikan berat badan satu pound pun. Untuk menurunkan berat badan, anda dapat menambahkan lebih banyak langkah setiap harinya.

Berjalan menjadi bagian penting dari program penurunan berat badan. Kendati anda harus tetap memperhatikan berapa banyak makanan yang dikonsumsi untuk dapat menurunkan berat badan.

Namun demikian dengan berjalan, anda bisa memperoleh otak yang sehat tanpa adanya lemak, menghilangkan lemak beberapa inci, hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Penurunan berat badan yang sukses dalam jangka panjang hampir kebanyakan konsisten memperjuangkan program berjalan ataupun latihan lainnya.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan dan berolahraga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Selain itu berjalan juga sangat baik bagi mereka yang menjalani pengobatan kanker. Dengan berjalan dapat meningkatkan peluang untuk sembuh dan bertahan hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement