Selasa 17 Sep 2019 16:29 WIB

Ini Alasan Mengapa Kakek dan Nenek Dekat dengan Cucunya

Studi menyebut, hampir setengah kakek dan nenek memiliki kedekatan dengan cucunya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Lansia bahagia. Ilustrasi
Foto: Dailymirror
Lansia bahagia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Survei baru mengungkapkan satu dari enam kakek-nenek berusia di atas 60 tahun merasa memiliki kedekatan emosional dengan cucu mereka daripada anak-anak mereka. Sebanyak 45 persen dari 1600 kakek-nenek berusia di atas 60 tahun menghabiskan lebih banyak waktu dengan cucu, daripada yang mereka lakukan dengan anak-anak mereka sendiri pada usia yang sama.

Peserta mengatakan bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang terkasih adalah hal yang paling penting di usia tua. Jajak pendapat oleh Stannah menemukan kegiatan seperti menjaga cucu, memiliki lebih banyak waktu berpergian, dan mengurasi rasa stress adalah beberapa hal terbaik di masa tua.

Baca Juga

Seperti yang dilansir dari Independent, Selasa (17/9), lebih dari dua perlima bahkan mengatakan mereka lebih menikmati diri mereka sendiri dibandingkan saat masih muda. Direktur Pelaksana Stannah, Patrick Stannah mengungkapkan Sensus Perak kedua Stannah menemukan lebih dari kakek-nenek di atas 60 tahun berharap menghabiskan waktu bersama cucu, apakah itu mengajak mereka jalan-jalan atau membaca bersama.

“Sungguh menghangatkan hati melihat hubungan antar generasi yang begitu kuat bermunculan di sekitar kegiatan tradisional maupun saluran komunikasi modern,” ujar Stannah.

Tujuh dari 10 mengatakan mereka memiliki lebih banyak waktu luang untuk dihabiskan bersama cucu-cucu mereka. Sebab, mereka bekerja lebih sedikit atau tidak sama sekali, dibandingkan dengan seberapa banyak mereka bekerja ketika anak-anak mereka sendiri tumbuh dewasa.

Penelitian ini juga menemukan kenyamanan kehidupan modern berarti 96 persen tetap berhubungan dengan keluarga dan teman, melalui pesan teks dan email secara umum untuk tetap terhubung. Tetapi 84 persen membuat waktu berkualitas bersama cucu-cucu mereka dengan membaca bersama mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement