Selasa 10 Sep 2019 12:24 WIB

Bermimpi Jadi Komikus Ternama? Simak Kiatnya!

Komikus pencipta karakter 'Si Juki' Faza Meonk membagi kiat sukses menjadi komikus.

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nora Azizah
Komik (ilustrasi)
Foto: Iggoy el Fitra/ Antara Foto
Komik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hadirnya media sosial, membuat profesi komikus kian digandrungi. Betapa tidak, berawal dari hobby, menggambar dan membuat komik bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan.

Lalu bagaimana cara agar kamu yang hobby menggambar bisa menjadi komikus sukses? Komikus sekaligus pencipta karakter 'Si Juki', Faza Ibnu Ubaidillah alias Faza Meonk akan berbagi kiat-kiatnya sebagai berikut.

Baca Juga

Tema yang dekat dengan pembaca

Menuru Faza, agar mendapat respon yang bagus dari pembaca, seorang komikus harus bisa membuat cerita yang sangat dekat dengan kehidupan para pembaca. Selain itu seorang komikus juga harus bisa menyesuaikan cerita sesuai dengan segmentasi pembaca yang ingin disasar.

“Misalnya dulu Si Juki sasaran pembacanya anak kuliah, jadi tema pas awal saya bikin itu ya seputar kehidupan anak kuliah. Tapi setelah nama Si Juki sudah agak besar dan pembacanya bukan hanya anak kuliah jadi diperbesar temanya,” kata Faza kepada Republika saat ditemui di IIBF JCC Senayan, beberapa waktu lalu.

Cerita yang unik

Selain memperhatikan segmentasi pembaca, menurut Faza, komikus pemula juga harus bisa mengangkat cerita yang unik dan belum diangkat oleh komikus lain. Karena itu, sebelum membuat karya komikus pemula harus rajin membaca dan riset komik sebelumnya.

“Misalnya mau angkat tema kuliner nih, kamu harus baca dulu komik lain kayak apa. Setelah itu bikin sesuatu yang beda,” jelas Faza.

Posting di media sosial

Untuk tes pasar, kata Faza, komikus pemula bisa mengenalkan karyanya di sosial media. Di mulai dari sosial media itu, kita akan tahu bagaimana tanggapan pembaca terhadap karya yang dibuat. Semua kritik saran yang datang dari pembaca jadikan sebagai pemicu untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement