Ahad 08 Sep 2019 08:55 WIB

Mengenal Bronkopneumonia yang Menggerogoti Freddie Mercury

Freddie Mercury vokalis Queen meninggal karena mengidap bronkopneumonia

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Freddie Mercury vokalis Queen meninggal karena mengidap bronkopneumonia akibat dari AIDS. Tanggal hari ini, 5 September, Freddie seharusnya merayakan ulang tahun ke-73. Namun karena bronkopneumonia yang disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuhnya akibat AIDS, ia tutup usia pada 24 November 1991. 

Lantas apa itu bronkopneumonia?

Bronkopneumonia adalah salah satu jenis pneumonia, yaitu infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Baca Juga: Biografi Freddie Mercury: Penyanyi Rock Legendaris Dunia

Bronkopneumonia merupakan jenis pneumonia yang menimbulkan flek atau bercak pada kedua paru-paru, termasuk juga saluran udara dan kantung udara. Seseorang yang menderita bronkopneumonia dapat merasakan kesulitan saat bernapas sebagai akibat dari terhalangnya saluran udara.

Bronkopneumonia seringnya disebabkan oleh bakteri. Bakteri-bakteri ini mampu menyebar dalam jarak dekat melalui percikan ludah saat penderita bersin atau batuk, yang kemudian terhirup oleh orang di sekitarnya. Inilah sebabnya lingkungan menjadi salah satu faktor risiko berkembangnya bronkopneumonia.

Bronkopneumonia biasanya akan sembuh dalam waktu satu atau beberapa minggu, namun kesembuhan juga bergantung pada jenis organisme yang menginfeksi, usia, kondisi kesehatan, dan tingkat keparahannya. 

Berikut ini beberapa faktor-faktor yang dapat terkena risiko bronkopneumonia. Apa saja? Simak di bawah ini penjelasannya.

Faktor usia

Anak berusia di bawah dua tahun atau lansia (65 tahun ke atas) sama-sama berisiko menderita bronkopneumonia dan komplikasinya. Komplikasi dari bronkopneumonia, antara lain berupa abses di paru-paru, sepsis dan gagal napas (acute respiratory distress syndrome). 

Kekebalan tubuh lemah

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya penderita HIV/AIDS, kanker, lupus, atau penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes memiliki risiko yang tinggi terserang bronkopneumonia. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai kondisi medis lain yang juga menjadi faktor risiko kondisi ini. 

Gaya hidup

Kecanduan minum beralkohol, merokok, dan asupan nutrisi yang tidak baik menjadi faktor risiko terkena bronkopneumonia. 

Infeksi nosokomial

Infeksi nosokonialmerupakan infeksi yang terjadi di lingkungan rumah sakit, ketika Anda sedang dirawat untuk gangguan kesehatan yang lain. Ketika Anda sedang sakit, tubuh akan mengalami kesulitan untuk mencegah terjadinya infeksi lain. Berkembangnya bronkopneumonia di rumah sakit juga bisa disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik. (berbagai sumber)

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement