Jumat 30 Aug 2019 12:14 WIB

Melawan Diabetes dengan Brokoli dan Yogurt

Pengaturan pola makan penting bagi penderita diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Yogurt
Foto: Wikipedia
Yogurt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus diabetes terus meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Prevalensi global untuk diabetes di kalangan orang dewasa berusia di atas 18 tahun tercatat meningkat dari 4,7 persen pada 1980 menjadi 8,5 persen pada 2014, dengan perkiraan jumlah penderita diabetes sebanyak 108 juta orang pada 1980 menjadi 422 juta pada 2014.

Pengaturan pola makan yang bergizi dan seimbang memegang peranan penting bagi penderita diabetes. Indian Express mengungkapkan setidaknya ada dua jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Brokoli juga diketahui memiliki kandungan bernama kromium. Kromium dapat membantu mengontrol kadar gula dara dalam jangka panjang.

Untuk penderita diabetes, brokoli bisa dikonsumsi dalam berbagai cara. Seperti ditambahkan ke dalam sop, hingga dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Brokoli pun tak hanya bermanfaat dalam melawan dan mengendalikan diabetes. Konsumsi brokoli dapat turut membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar stres.

Yogurt

Yogurt mungkin lebih sering dikaitkan dengan penurunan berat badan karena kaya akan protein. Akan tetapi, yogurt juga kaya kalsium yang baik bagi penderita diabetes.

Studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan kaya kalsium memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami resistensi insulin. Untuk penderita diabetes, yogurt bisa ditambakan ke dalam pola makan sebagai menu sarapan.

Konsumsi yogurt dalam keseharian juga dapat meningkatkan sistem imun. Akan tetapi, perlu kehati-hatian dalam memilih produk yogurt di pasaran. Hindari varian yogurt yang mengandung gula dalam jumlah besar.

Makanan Lain

Makanan lain yang tak kalah baik untuk ditambahkan ke dalam pola makan penderita diabetes adalah makanan kaya serat untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah. Beberapa contoh makanan kaya serat adalah oat dan gandum utuh.

Makanan kaya beta karoten seperti wortel juga baik untuk dikonsumsi. Jenis makanan ini dapat menurunkan risiko diabetes dan memperbaiki kontrol gula darah.

Beberapa contoh makanan lain yang direkomendasikan adalah susu dan buah-buahan seperti pepaya, apel, jeruk, pir, dan jambu biji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement