Sabtu 08 Jun 2019 02:50 WIB

Sembilan Cara Kurangi Tagihan Bulanan

Caranya mulai dari mengurangi membeli produk bermerek hingga penggunaan internet.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ratna Puspita
Hemat listrik (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Hemat listrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tagihan bulanan Anda menumpuk terus? Gaji habis untuk membayar ini itu? Rasanya frustasi melihat penghasilan yang diraih dengan susah payah menghilang sekejap mata.

Tenang, ada banyak cara untuk mengatasinya. Jika Anda ingin mengurangi tagihan bulanan Anda, keluarkan gaji Anda untuk membayar hal-hal yang layak dibayar, sebagaimana dilansir dari Womanitely.

Baca Juga

1. Batalkan layanan yang jarang digunakan

Banyak orang membayar layanan yang jarang digunakan, namun tagihannya wajib dibayar setiap bulan. Ini pada dasarnya hanya membuang uang saja. Coba periksa lagi tagihan kartu kredit Anda atau rekening koran Anda di bank. Pastikan Anda mebayar tagihan yang benar-benar dibutuhkan. Jika tidak, batalkan saja layanan tersebut.

2. Kurangi membeli produk bermerek

Produk bermerek cenderung mahal. Tagihan belanja Anda akan jauh berkurang jika membeli alternatif barang tak bermerek, atau hanya merek toko saja. Banyak produk, seperti garam, oatmeal, pasta dengan merek toko memiliki kualitas sama baiknya dengan produk sama dari merek mahal.

3. Hemat air dan listrik

Efisiensi energi, khususnya penggunaan air dan listrik juga mengurangi tagihan bulanan. Anda bisa melakukan perubahan kecil, seperti mematikan lampu atau perangkat listrik rumah saat tak digunakan. Gunakan air dan pendingin ruangan seperlunya. Anda akan menghemat pembayaran bulanan.

4. Asuransi

Asuransi adalah cara lain untuk menghemat pengeluaran bulanan. Asuransi kesehatan misalnya akan sangat membantu ketika Anda sakit dan membutuhkan pengobatan mahal. Asuransi kendaraan juga sama.

5. Baca struk tagihan

Jangan hanya rutin membayar tagihan. Luangkan waktu untuk membaca kembali struk tagihan Anda, khususnya listrik dan air. Jika terdapat angka yang tak jelas atau tagihan mencurigakan, Anda bisa menghubungi perusahaan dan mendiskusikannya. Tak jarang terjadi kesalahan aktual pada tagihan.

6. Gunakan lampu LED

Lampu LED awet hingga 20 tahun, bergantung sebeapa sering Anda menyalakannya. Dibanding lampu pijar tradisional, LED 80 persen lebih hemat. Biaya pembelian awalnya mungkin lebih mahal, tetapi Anda bisa menggunakannya selama bertahun-tahun.

7. Panel surya

Sebagaimana lampu LED, jika mungkin, sebaiknya rumah Anda menggunakan panel surya. Investasi awalnya mungkin mahal, namun waktu pemakaiannya jangka panjang sehingga bisa sangat menghemat tagihan listrik signifikan, khususnya Anda yang memiliki rumah luas.

8. Hilangkan fitur ponsel

Jika mungkin, Anda tak perlu memasang panggilan tunggu atau kotak pesan di ponsel Anda. Tujuannya untuk menghemat pulsa bulanan. Anda juga tak perlu mengunduh aplikasi-aplikasi berbayar yang tak penting. Gunakan paket internet ponsel sesuai keperluan.

9. Internet rumah

Banyak fitur berbayar dipasang untuk internet rumahan. Namun, tidak semuanya harus Anda pasang. Hubungi penyedia jasa dan diskusikan fitur yang benar-benar Anda gunakan, sehingga penghematan bisa dilakukan signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement