Senin 27 May 2019 23:21 WIB

Terapkan Lima Kebiasaan Ini untuk Wujudkan Rumah Lebih Sehat

Ada lima kebiasaan sederhana yang bisa menjadikan rumah jadi lingkungan yang sehat

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih
Cuci piring. Ilustrasi
Foto: The Independent
Cuci piring. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit tak hanya bersumber dari luar rumah akan tetapi tak menutup kemungkinan berasal dari dalam rumah. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa kebiasaan yang kurang sehat dalam rumah tangga. Bisa jadi dapur di rumah kita jauh lebih kotor dibanding toilet.

Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi mewujudkan rumah yang lebih higienis. Dilansir The Daily Meal, berikut lima kebiasaan sederhana namun bisa memengaruhi kebersihan rumah kita.

Baca Juga

1. Bersihkan spons pencuci piring

Jika spons pencuci piring tidak dibersihkan, benda ini akan mengandung bakteri yang lebih banyak dibandingkan dengan piring kotor yang akan dicuci.

Setiap mencuci piring, bakteri yang ada di piring kotor akan berpindah dari piring ke spons pencuci. Jika spons itu digunakan berkali-kali, otomatis bakteri akan terakumulasi. Maka dari itu tak ada salahnya secara rutin merendam spons dengan pemutih.

2. Bersihkan tas daur ulang

Demi prinsip ramah lingkungan, beberapa orang tak lagi menggunakan kantong plastik saat berbelanja. Kini banyak orang mengganti plastik belanja dengan tas daur ulang yang berbahan dasar kain.

Kendati demikian bukan berarti tas itu dapat digunakan berkali-kali tanpa harus dicuci. Beberapa kotoran yang ada dalam belanjaan dapat menumpuk di dalam tas tersebut. Selain itu, kotoran dari luar pun dapat melekat dalam bagian luar tas dan menyusup ke dalam dapur. Sebaiknya tas tersebut selalu dicuci secara rutin dengan cara seperti saat kita mencuci baju.

3. Bersihkan filter udara

Hal berikutnya yang harus rutin dilakukan adalah membersihkan filter udara dalam pendingin ruangan. Filter yang bersih akan membuat udara yang dihembuskan benar-benar bersih dan bukan udara yang penuh dengan debu atau bakteri. Rutinitas ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi keluarga yang angotanya memiliki riwayat persoalan pernafasan atau alergi.

4. Rutin mencuci lap

Saat membersihkan rumah, kita sering menggunakan lap. Sering kali satu buah lap digunakan untuk membersihkan beberapa ruangan dan perabot. Jika tidak dicuci, maka sama halnya memindahkan kuman dari ruangan satu ke ruangan yang lain. Sebaiknya selalu mencuci lap yang digunakan atau gunakan lap yang berbeda dalam setiap ruangan.

5. Rajin mencuci wastafel dapur

Hal ini sangat penting karena wastafel merupakan tempat untuk mencuci tangan, piring, dan beberapa jenis makanan seperti sayur dan buah. Saat mencuci, pasti beberapa bakteri akan jatuh pada permukaan wastafel. Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka bisa dibayangkan berapa banyak akumulasi bakteri yang melekat pada permukaan wastafel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement