Jumat 03 May 2019 20:00 WIB

Dokter Sarankan Double Cleansing untuk Angkat Riasan Berat

Dokter mengatakan double cleansing membantu membersihkan wajah dari riasan berat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Membersihkan wajah/ilustrasi
Foto: becomegorgeous.com
Membersihkan wajah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya perempuan harus mengenakan riasan yang berat. Begitu tiba waktunya membersihkan wajah, tantangannya pun hadir.

Kosmetik tak selalu mudah terangkat dari kulit wajah. Sabun pembersih wajah, contohnya, tidak akan bisa membersihkan wajah dengan saksama.

Baca Juga

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Anesia Tania, menjelaskan memang tak semua merek sabun pembersih wajah bisa mengangkat pemulas pipi atau krim pelindung dari matahari. Apalagi, banyak kosmetik saat ini memiliki sifat yang tahan lama.

“Cuma ada beberapa produk yang dapat membersihkan dengan baik,” jelas dia.

Agar kulit wajah kembali bersih setelah berdandan berat, Anesia menyarankan teknik double cleansing. Artinya, ada dua tahap pembersihan yang melibatkan penggunaan dua produk yang berbeda fungsinya.

Cara pembersihan dua kali ini telah lama dilakukan oleh perempuan Indonesia. Pertama, mereka menggunakan make up remover kemudian dilanjutkan dengan pemakaian pembersih wajah.

Penggunaan produk double cleansing juga disarankan oleh Anesia untuk perempuan yang beraktivitas di luar ruangan.Sebaliknya, cara ini tak direkomendasikan kalau perempuan hanya berada di rumah dan tak menggunakan kosmetik.

"Kalau tidak terpapar asap kendaraan, tak mengenakan perias wajah, lebih baik tidak usah. Cukup pakai pembersih saja,” kata dia.

Menurut Anesia, dalam urusan pembersihan wajah, perempuan harus menyesuaikannya dengan aktivitas hari itu. Kebutuhan tiap perempuan berbeda, tergantung aktivitas dan riasan yang digunakan.

"Sebab, pemakaian produk double cleansing terkadang membuat wajah malah semakin kering," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement