Sabtu 11 May 2019 13:16 WIB

Pengusaha Tersukses Sepanjang Masa

Siapa saja pengusaha tersukses sepanjang masa?

Rep: cermati/ Red:
Pengusaha Tersukses Sepanjang Masa
Pengusaha Tersukses Sepanjang Masa

Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha? Apalagi, jika di kemudian hari menjadi seorang pengusaha yang sukses. Bukan hanya Anda akan menjadi “Crazy rich”, menjadi pengusaha dan memiliki bisnis, Anda secara tidak langsung telah beramal dengan menyediakan lapangan pekerjaan banyak orang.

Banyak sekali pengusaha sukses di dunia. Kegigihan mereka dalam membangun kerajaan bisnisnya patut diacungi jempol. Siapa saja mereka?

Ini dia daftar pengusaha sukses berikut ini mungkin ada yang familiar bagi Anda, namun ada juga yang tidak. Namun, siapa sangka jika mereka adalah pendiri dari sejumlah brand dunia yang namanya pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Berikut ini  pengusaha-pengusaha tersukses sepanjang masa yang bisa Anda jadikan inspirasi.

 

1. John D. Rockefeller

John D. Rockefeller

Di New York, Amerika Serikat, ada satu area perkantoran dan public hall ikonik yang bernama Rockefeller Center. Nah, nama Rockefeller ini sendiri berasal dari seorang pengusaha bernama John D. Rockefeller.

Tahukah Anda siapa itu John D. Rockefeller? Ya, dialah sang pendiri perusahaan raksasa minyak, yakni Exxon. Rockefeller bersama Exxon-nya berhasil mencapai kejayaan berkat visi bisnis yang ia terapkan yakni menghasilkan minyak berkualitas namun dengan sebisa mungkin menekan harganya sehingga lebih murah dibandingkan dengan kompetitor.

2. Andrew Carnegie

Andrew Carnegie

Andrew Carnegie menjadi salah satu pengusaha sukses yang cukup disegani di Negeri Paman Sam. Bisnis Carnegie berfokus pada industri baja. Efisiensi produksi adalah prinsip utama Carnegie dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, Carnegie juga mengedepankan inovasi teknologi agar perusahaannya terus berkembang.

Baca Juga: 4 Pengusaha Sukses yang Merintis Bisnis dari Nol

3. Thomas Edison

Thomas Edison

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh pencipta lampu ini? Ya, Thomas Edison ternyata juga merupakan seorang pengusaha sukses yang bisnisnya terus bertahan hingga saat ini. Sesuai dengan bidang keahliannya, bisnis yang digeluti Edison bergerak di ranah elektro. Edison memiliki perusahaan bernama GE)

4. Henry Ford

Henry Ford

Tokoh yang satu ini kita kenal sebagai pencipta mobil, pun pendiri merek mobil yang namanya sudah tidak asing lagi kita dengar, yakni Ford. Ford Motor Company kini menjadi salah satu pabrikan otomotif terbesar di Amerika Serikat, bahkan dunia. Ini tentu saja tak lepas dari kegigihan Ford dalam berinovasi dan membangun perusahaannya tersebut.

5. Sam Walton

Sam Walton

Sam Walton via fortune. com

 Sam Walton adalah pendiri dari bisnis waralaba terkenal di Amerika Serikat, yakni Wal-Mart. Kemudahan dalam hal pelayanan dan ketersediaan produk, hingga diskon produk yang kerap diberikan menjadi faktor utama yang membuat Wal-Mart terus bertahan dan tetap diminati oleh para konsumen di Amerika Serikat.

6. Walt Disney

Walt Disney

Walt Disney bukannya tanpa perjuangan dalam membangun kerajaan bisnis hiburannya. Sempat ditolak beberapa kali tatkala mengajukan ide cerita animasi ke produser film kala itu, Disney tidak begitu saja menyerah untuk tetap menciptakan karya animasi sampai pada akhirnya lahirlah tokoh animasi ikonik Mickey Mouse yang menjadi titik awal kejayaan Walt Disney Pictures yang masih bertahan hingga kini.

Tak hanya rumah produksi, Walt Disney kini juga sudah merambah ke berbagai sektor bisnis lainnya, termasuk taman hiburan Disneyland yang tersebar di beberapa negara di dunia.

7. Bill Gates

bill gates

Siapa sangka, seorang Bill Gates yang tidak menyelesaikan kuliahnya ini berhasil membangun perusahaan teknologi terbesar, yakni Microsoft, dan sempat dinobatkan jadi orang terkaya di dunia selama beberapa tahun. Kini, Microsoft dengan OS Windows dan berbagai produk teknologi lainnya telah menjadi barang “primer” bagi seluruh umat manusia.

Baca Juga: 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

8. Steve Jobs

Steve Jobs

Masih dari ranah bisnis teknologi, di tempat terakhir dari daftar pengusaha sukses sepanjang masa adalah Steve Jobs. Sang pendiri raksasa teknologi Apple sukses menghadirkan produk berkualitas tinggi seperti iMac, iPhone, iPod, hingga iPad yang telah digunakan oleh berjuta-juta orang di seluruh dunia. Anda termasuk salah satunya kah?

Tirulah Kegigihan Mereka dalam Memulai Bisnis

Meskipun mungkin Anda tidak bisa membuat perusahaan sebesar mereka, setidaknya Anda bisa meniru kegigihan mereka dalam membangun bisnis. Mana di antara mereka yang paling menginspirasi Anda? Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Rahasia Pebisnis Sukses

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement