Selasa 19 Mar 2019 03:45 WIB

Unik, Ini 4 Fakta Gigi yang Jarang Diketahui

Disfungsi ereksi dapat dipengaruhi oleh kebersihan gigi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolanda
Bersihkan gigi minimal dua kali sehari untuk mencegah karies.
Foto:
Gigi susu anak

3. Anak-anak juga perlu ke dokter gigi

Memeriksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi tampaknya belum dianggap sebagai prioritas oleh sebagian orang tua. Masih ada orang tua yang belum mengetahui ataupun menyadari pentingnya memeriksakan gigi anak ke dokter gigi secara rutin sejak gigi anak tumbuh.

"Kesehatan gigi dan mulut anak-anak sangat penting, tapi banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anak-anak perlu mulai mengunjungi dokter gigi sesaat setelah gigi pertama mereka mulai terlihat," ungkap dokter gigi dari Bupa Dental Care Steve Preddy.

4. Flossing rutin cegah penyakit jantung

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus atau dental floss. Melakukan flossing secara rutin ternyata dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Menurut penelitian yang dibiayai oleh British Heart Foundation, orang-orang dengan penyakit gusi berisiko terhadap penyakit jantung koroner. Orang-orang dengan penyakit gusi bisa memiliki hingga 100 juta bakteri yang hidup hanya pada satu gigi.

Penyakit gusi ini dapat membuka celah bagi bakteri untuk masuk ke dalam aliran darah. Peneliti berhasil menemukan adanya bakteri gigi pada jantung. Bakteri gigi ini menempel pada arteri dan katup jantung kemudian menyebabkan inflamasi di area tersebut.

Inflamasi pada dasarnya merupakan respons alami terhadap infeksi. Akan tetapi inflamasi yang berlangsung lama dapat merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung. Kerusakan pembuluh darah jantung dapat berujung pada penyakit jantung koroner.

Risiko ini pada dasarnya bisa dicegah dengan cara menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit dan melakukan flossing setiap hari. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan ada atau tidaknya tanda-tanda penyakit gusi seperti gusi berdarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement