Kamis 22 Feb 2024 16:23 WIB

Gigi Susu Perlu Perawatan Khusus, Kapan Gigi Permanen Mulai Tumbuh?

Anak perlu diperiksakan ke dokter gigi sejak tumbuh gigi pertama.

Ilustrasi gigi susu pada anak. Pada umumnya, usia 6 - 7 tahun adalah waktu yang normal untuk pertumbuhan gigi permanen.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi gigi susu pada anak. Pada umumnya, usia 6 - 7 tahun adalah waktu yang normal untuk pertumbuhan gigi permanen.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Anak Anda masih punya gigi susu? Ternyata, gigi susu juga perlu mendapatkan perawatan khusus secara terjadwal.

"Perawatan pertama saat baru pertama kali bayi tumbuh gigi," kata drg Monica Ekania di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Menurut drg Monica, pemeriksaan pada gigi pertama yang baru tumbuh tersebut untuk mengetahui apakah gigi dalam kondisi sehat, yakni tidak berlubang, tidak goyang, dan tidak diiringi dengan daging tumbuh pada gigi berlubang. Berikutnya, perawatan secara terjadwal juga perlu dilakukan sekali setiap enam bulan.

"Saat anak usia enam tahun lebih kompleks lagi, kayak cabut gigi karena saat itu pergantian dari gigi susu ke gigi permanen," jelas praktisi kesehatan dari Klinik Gigigo Surakarta, Jawa Tengah itu.

Meski demikian, terkadang sebagian orang tua masih kurang teredukasi terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi anak. Ketika anak tidak mau makan, misalnya, ayah dan ibu juga perlu melihat kondisi gigi si kecil.

"Cek ada keluhan atau tidak. Bisa jadi itu karena anak sakit gigi, tapi orang tua kurang menyadari itu," ujar drg Monica.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement