Kamis 07 Feb 2019 04:43 WIB

5 Cara Bantu Anak Seimbangkan Waktu Gawai dan Tidur Sehat

Waktu layar harus diperlakukan sebagai hak istimewa.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Anak main gadget. Ilustrasi
Foto: ABC
Beberapa guru mengatakan anak-anak yang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget, kemampuan menulis tangannya terkendala.

Hindari teknologi di kamar tidur

Jika Anda tidak dapat memberitahu anak-anak agar mematikan ponsel mereka, menutup komputer, dan mematikan TV ketika waktu tidur atau khawatir mereka akan menyalakan kembali saat tengah malam, maka cukup keluarkan teknologi layar dari kamar tidur.

Anak-anak masih berusaha mengembangkan kemampuan pengaturan diri sehingga dapat dimengerti mereka memiliki masalah dengan peraturan. Anda akan membantu mereka, tidak menghukum mereka, dengan menjaga godaan teknologi itu dari jangkauan tangan.

Pastikan pekerjaan rumah dan waktu bersama keluarga didahulukan

Dalam batas yang wajar, waktu layar bukanlah masalah besar bagi anak-anak dan bahkan dapat memiliki banyak hal positif, mulai dari membantu mereka bersantai sambil bermain gim, belajar dari menonton atau membaca pendidikan, dan membangun serta memperkuat hubungan interpersonal melalui obrolan dan berbagai platform sosial.

Tetapi sebelum menggunakan gawai untuk membuka Youtube atau Instagram, pastikan anak harus mengerjakan PR terlebih dahulu, membersihkan kamar, mencuci kaki dan wajah, dan sebagainya. Waktu layar harus diperlakukan sebagai hak istimewa, bukan diberikan secara bebas.

Tetapkan rutinitas tidur

Semua manusia berkembang dengan rutin. Untuk anak-anak yang masih mencari tahu bagaimana dunia bekerja, rutinitas sangat penting.

Lakukan dan patuhi rutinitas tidur malam untuk balita. Itu akan menjadi urusan langsung bagi orang tua juga untuk merutinkan jadwal.

Untuk anak-anak dan remaja yang lebih besar, jelaskan setiap tujuan yang harus dipenuhi oleh mereka sampai rutinitas terlaksana secara terus-menerus. Lalu periksa untuk memastikan setiap tujuan tercapai.

Jadikan anak-anak Anda bagian dari proses

Seperti yang ditulis oleh Roban dalam sebuah email, ketika Anda mengajari anak-anak mengapa tidur begitu penting, konsekuensi negatif dari kurang tidur, dan tentang berapa banyak tidur yang benar-benar mereka butuhkan, mereka akan mengurangi menatap layar ponsel secara perlahan.

Ketika Anda membangun rutinitas sebelum tidur, lakukan dengan anak-anak Anda. Anda yang bertanggung jawab tetapi dengan menghormati anak sebagai orang, bukan memerintah anak seperti orang yang tunduk. Biarkan anak terlibat dengan belajar dan memahami langsung proses untuk menerapkan kebiasaan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement