Rabu 30 Jan 2019 00:02 WIB

Penggemar Pertanyakan Akting Zac Efron Sebagai Pembunuh

Efron dinilai kurang pas memerankan sosok yang dikenal sebagai pembunuh keji.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Zac Efron
Foto: EPA
Zac Efron

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuplikan pertama film yang mengangkat kisah hidup pembunuh berantai Ted Bundy telah dirilis akhir pekan lalu. Akting aktor Zac Efron sebagai karakter utama yang memerankan Ted Bundy pun mendapat komentar dari warganet.

Ada yang menyebut bahwa Efron justru membuat orang bersimpati terhadap sosok si pembunuh. Dalam durasi waktu 90 detik, cuplikan Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile diiringi dengan musik rock dan menampilkan Efron sebagai seorang anti-hero yang karismatik.

"Sepertinya trailer ini sedang menyampaikan sebuah pesan, menggambarkan seorang Bundy yang karismatik di media, di mana sangat bertolak belakang dengan perbuatannya yang kriminal dan keji," tulis Gui Porto, dikutip CNA Lifestyle.

Komentar bernada sama juga banyak ditemukan di Twitter. Akun Mother of Doggons menyebut penampilan Efron yang baik sangat kontras dengan kehidupan nyata Bundy yang penuh kriminal. "Trailer ini terlihat terlalu menyenangkan untuk sebuah film pembunuh berantai," tulis akun Kundel Bury di kolom komentar YouTube.

Diarahkan oleh sutradara pemenang Emmy, Joe Berlinger, cuplikan film diluncurkan beberapa hari setelah menyelesaikan proyek tentang Bundy lainnya, Conversation With A Killer: The Ted Bundy Tapes. Proyek ini menampilkan wawancara mengenai arsip kejahatan Bundy.

Dilahirkan dengan nama asli Theodore Robert Cowell, Bundy merupakan seorang pembunuh dan pemerkosa dari Amerika. Korbannya adalah sejumlah perempuan dan gadis muda. Aksi kejahatannya terjadi selama periode 1970an.

Setelah satu dekade terus-terusan menyangkal tuduhan pembunuhan yang dia lakukan, Bundy akhirnya mengakui terlibat dalam 30 kasus pembunuhan yang terjadi antara tahun 1974 dan 1978. Bundy pun dihukum mati pada 1989 diumur 42 tahun.

Film diangkat berdasarkan catatan kekasih Bundy yang bernama Naive Elizabeth Kloepfer. Sebagian kisah hidup Bundy tertuang dalam buku berjudul Phantom Prince: My Life With Ted Bundy. Buku tersebut ditulis oleh Kloepfer dengan nama samaran Liz Kendall.

Diperankan oleh aktris keturunan Inggris-Amerika, Kloepfer adalah seorang ibu tunggal yang mencoba mengembalikan Bundy ke pihak kepolisian. Film diceritakan berdasarkan perspektifnya yang mencoba menerima kenyataan bahwa kekasihnya seorang pembunuh.

Sejumlah kritikus film menyanjung Efron yang dianggap mampu menggambarkan karakter Bundy yang sangat kompleks. Benjamin Lee memuji akting Efron dan juga komitmennya untuk menjajal film yang lebih serius.

"Ini adalah momen perubahan karier yang jelas sedang dia cari dan dengan jabatan sebagai produser eksekutif, orang-orang akan memahami semangatnya yang berapi-api, kesempatan yang baik untuk membuktikan bahwa dia pantas mendapatkan pekerjaan yang lebih dramatis," tulis Lee.

Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile rencananya akan dirilis tahun ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement