Selasa 22 Jan 2019 06:03 WIB

Cara Berbicara dengan Anak Soal Gangguan Mental

Anak perempuan berusia 17-19 tahun masuk kelompok risiko tinggi gangguan mental.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Remaja dan orang tua.
Foto:
Sejumlah siswa SMA di indramayu mendapatkan edukasi mengenai korupsi melalui permainan dan gim di dalam bus KPK. Kegiatan itu menjadi salah satu rangkaian Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pendopo Kabupaten Indramayu, Selasa (25/9).

Singkirkan telepon Anda

Ini sangat menantang ketika kita semua menjalani kehidupan yang sibuk, tetapi menyingkirkan gangguan akan membuat anak tahu Anda punya waktu untuk mereka. Berkomitmen terhadap hal ini secara teratur akan mengingatkan anak agar mereka dapat mendatangi Anda jika mereka ada masalah.

Jangan menganggap remeh masalah anak

"Jika anak memberi tahu Anda ada sesuatu yang mengganggu mereka, anggap serius," ujar Kendrick. Apa yang tampak kecil bagi kita sebagai orang dewasa dapat terasa luar biasa bagi seorang anak. Terlebih lagi, itu akan membuka komunikasi masa depan ketika masalah lain muncul.

Beri contoh perilaku yang baik

“Sebagai orang tua, kita adalah teladan yang konstan,” kata Kendrick. Penting untuk memikirkan perilaku Anda sendiri dan bagaimana Anda menghadapi emosi seperti kemarahan dan frustrasi di depan anak-anak.

Ini akan memengaruhi cara mereka berperilaku dan mengatasi diri mereka sendiri. Wajar bagi semua orang untuk marah dan menjadi orang tua bisa menjadi pengalaman yang sangat menegangkan.

Jangan salahkan diri Anda

Siapa pun dapat dipengaruhi oleh kesehatan mental yang buruk, termasuk anak-anak dan remaja. Tidak perlu perlu merasa malu jika anak menderita masalah kesehatan mental.

Meminta bantuan

Jika Anda berbicara dengan anak Anda dan masih khawatir, Kendrick mengatakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan seseorang. Bisa seseorang di sekolah anak atau dokter umum.

Jangan menyerah

"Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, jangan menyerah," kata Kendrick. Mungkin terasa sulit, terutama jika anak muda tampaknya tidak mau terbuka, tetapi mereka akan menghargai upaya orang tua dan dalam jangka panjang akan ingat mereka dapat mendatangi Anda untuk berbicara ketika waktu yang tepat bagi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement