Jumat 18 Jan 2019 17:11 WIB

Lemak Sehat Bagus untuk Turunkan Berat Badan

Lemak baik ini memmbantu tubuh mempertahankan berat badan sehat

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dewasa muda perlu menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.
Foto: draxe
Minyak kelapa

Minyak MCT ditemukan dalam sejumlah makanan umum yang dikonsumsi, termasuk minyak kelapa, minyak inti sawit, keju, dan banyak lagi. Lemak MCT sehat sebagian besar telah dihilangkan dari diet Barat modern.

Jenis ini adalah sejenis lemak jenuh dan sangat mudah bagi tubuh untuk memecah dan digunakan untuk bahan bakar dibandingkan dengan lemak LCT (trigliserida rantai panjang). Minyak MCT adalah favorit untuk menurunkan berat badan karena membakar dengan cepat, diubah menjadi energi, dan meningkatkan metabolisme.

Dokter selebriti terkenal dan penulis How to Be Well Frank Lipman, M.D. merekomendasikan untuk mengonsumsi minyak MCT dalam smoothie atau mencampurkan ke dalam minuman panas.

Tapi, untuk mencoba mengonsumsi minyak MCT sebaiknya dengan takaran yang kecil lebih dulu. Sebab, terlalu banyak minyak MCT dapat menyebabkan sakit perut. Mulailah dengan satu sendok teh per hari dan kemudian hingga dua hingga tiga sendok makan sehari

Lipman memperingatkan, ketika menggunakan lemak untuk menurunkan berat badan, tetap jaga karbohidrat tetap rendah. "Lemak tinggi ditambah karbohidrat berlebihan akan menggagalkan Anda," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement