Rabu 16 Jan 2019 17:56 WIB

Tiga Alasan Mengapa Keju Baik untuk Tubuh

Keju mengandung vitamin dan mineral penting.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Penelitian menyebut konsumsi keju setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Foto: ECHINACITIES
Berbagai macam jenis keju (ilustrasi)

Mengandung vitamin esensial

Berbagai jenis keju juga mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin A, B2, B6, B12, D, dan K. Vitamin A berfungsi membantu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B2 membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf. Vitamin B6 membantu membentuk hemoglobin.

Vitamin B12 terlibat dalam produksi sel darah merah. Vitamin D membantu mengatur kalsium dalam tubuh, dan vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang berguna membantu luka sembuh dengan baik.

Sumber protein yang baik

Keju adalah sumber protein yang baik, nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk membangun jaringan, sel dan otot, serta membuat hormon dan antibodi. Ernestam merekomendasikan keju, khususmua quark karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dia menjelaskan keju itu mengandung protein lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Panayis Manuelides, direktur pelaksana produsen makanan Yunani dan Mediterania Odysea, merekomendasikan keju feta sebagai sumber protein yang baik, dan juga karena kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan beberapa keju lainnya.

Sajian keju yang direkomendasikan di Inggris adalah 30 gram per hari, yaitu seukuran kotak korek api. Pedoman Inggris menyarankan makan dua hingga tiga porsi makanan rendah lemak setiap hari.

Kellow menyarankan memilih keju rendah lemak untuk menjaga asupan lemak jenuh tetap rendah. Ahli diet mencatat mengurangi lemak dalam keju tidak mempengaruhi nutrisi apa pun, selain vitamin A yang lebih rendah dalam produk rendah lemak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement