Jumat 11 Jan 2019 05:00 WIB

Delapan Masalah yang Mengganggu Tidur Laki-Laki

Melihat layar ponsel mempengaruhi hormon melatonin dan membuat tidak mengantuk

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Insomnia (ilustrasi)
Foto: Reuters
Dampak kurang tidur.

Kafein

Apakah Anda tahu minum kopi sebanyak enam jam sebelum tidur juga dapat memengaruhi tidur? Jika Anda mengalami masalah tidur, masuk akal untuk menghentikan minuman berkafein setelah jam satu siang.

Bangun buang air di malam hari

Jika Anda secara konsisten bangun di malam hari untuk buang air kecil, mungkin lebih dari sekali, ini dikenal sebagai nocturia. Jika Anda tidak menggunakan diuretik seperti alkohol atau kafein sebelum tidur, temui apoteker atau dokter umum karena nokturia mungkin merupakan gejala masalah kandung kemih atau prostat, diabetes atau efek samping dari pengobatan.

Dengkuran

Pasangan Anda mungkin mendengkur dan membuat Anda tetap terjaga, atau Anda sendiri yang menjadi pendengkur. Mempertahankan berat badan yang sehat, tidur dengan posisi miring daripada punggung dan menghindari merokok dan alkohol dapat mengurangi dengkuran. 

Stress

Stress terkadang memiliki kebiasaan masuk ke dalam pikiran Anda ketika Anda mencoba untuk tidur. Anda perlu menemukan sesuatu yang mematikan otak sibuk Anda sebelum tidur. Berlatih meditasi mindfulness mungkin membantu, juga latihan pernapasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement