Kamis 03 Jan 2019 12:36 WIB

Beragam Alasan Berita Hoaks Soal Kesehatan Amat Berbahaya

Berita hoaks kesehatan membuat masyarakat sering kali mengambil keputusan berbahaya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Berita Hoaks
Foto: Kemenko PMK
Berita Hoaks

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak berita kesehatan palsu beredar dimasyarakat. Bahkan beritanya ini langsung dipercaya oleh masyarakat dan mereka tak segan mengikutinya.

Padahal berita kesehatan palsu bisa sangat merugikan. Jika Anda percaya semua yang Anda baca online, Anda mungkin tidak akan pernah pergi ke dokter perawatan primer lagi.

"Informasi dan berita medis palsu membuat pasien tidak perlu takut dan seringkali dapat menunda perawatan dan perhatian medis yang diperlukan," ujar dokter keluarga yang bersertifikat di dewan di wilayah Washington, DC, Dr. Shilpi Agarwal seperti dilansir dari laman Healthline, Rabu (2/1).

Selain itu, kadang-kadang dapat menyebabkan individu mengeluarkan uang untuk perawatan yang sebenarnya tidak terbukti secara medis atau akurat. Menurutnya orang yang tidak terlatih penyedia medis dapat mengeluarkan informasi online.

Lalu mengapa berita kesehatan palsu menyebar seperti virus? Ahli urologi dan direktur medis Spesialis Kanker Urologi di Los Angeles, Dr. S. Adam Ramin mengatakan jika Anda terserang penyakit dan apa yang Anda lakukan? Anda pasti mencari informasi dari Google dan melakukan riset kondisi Anda secara online.

Semua bergantung pada kata-kata yang Anda cari dan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya yang mungkin Anda miliki atau tidak miliki, kegiatan seperti itu dapat membuat Anda berputar ke dalam lubang kelinci dari kekhawatiran dan keputusasaan. ”Atau sebaliknya, membuat Anda merasa bahwa Anda telah menemukan studi penelitian atau perawatan baru untuk masalah kesehatan Anda dan dokter Anda tidak mengetahui rahasia."

Presiden dewan direktur Asosiasi Jurnalis Perawatan Kesehatan, Dr. Ivan Oransky menambahkan ada banyak informasi palsu di internet karena ada orang yang ingin mempercayai hal-hal itu benar, memiliki insentif untuk percaya bahwa itu benar. Mereka sedang mencoba menjual sesuatu kepada Anda atau meyakinkan Anda untuk tidak membeli sesuatu. "Anda harus menyaring semua itu," sarannya.

Internet adalah binatang buas yang tak pernah puas yang membutuhkan konten sepanjang waktu. Seperti halnya kita semua pembaca. Dan bukan sembarang konten, tapi yang dapat diklik dan mudah dicerna.

Studi medis tidak sesuai dengan undang-undang itu. Mereka penuh dengan jargon ilmiah, angka dan tabel untuk ditafsirkan dan metode analisis untuk memperhitungkan. Banyak yang bisa tersesat dalam terjemahan - baik karena kecelakaan atau kemudahan - pada saat semua yang diubah menjadi judul yang harus diklik.

"Hampir seolah-olah, ketika datang ke berita utama medis, popularitas mengalahkan bukti," ujar editor ilmiah asosiasi untuk Dokter Keluarga Kanada, Dr Roger Ladouceur.

Ini juga dapat menyebabkan pasien meragukan apa yang akhirnya disarankan oleh dokter mereka. "Pasien tidak tahu siapa yang harus dipercaya. Sumber online atau dokter mereka?," ujar Agarwal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement