Sabtu 24 Nov 2018 08:46 WIB

Usia Tepat Memberikan Anak MPASI

Idealnya pada usia enam bulan anak sudah siap diberi MPASI.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Setelah 6 bulan bayi perlu diberi makanan tambahan pendamping ASI.
Foto: flickr
Setelah 6 bulan bayi perlu diberi makanan tambahan pendamping ASI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bulan-bulan awal kelahirannya, nutrisi bayi sudah bisa terpenuhi hanya dengan pemberian ASI. Setelah ASI eksklusif, ibu sudah harus mempersiapkan makanan pendamping untuk melengkapi nutrisi selain dari ASI.

Terkait pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), masih banyak para ibu yang belum paham kapan sebaiknya pemberian MPASI itu dimulai. Menurut dr Reisa Broto Asmoro, pemberian MPASI tidak bisa disamakan untuk masing-masing anak.

Baca Juga

Setiap anak mengalami tingkat tumbuh kembang yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, pemberian MPASI harus disesuaikan dengan tahapan pertumbuhan anak.

Ibu harus mengetahui kondisi seperti apa yang menandakan bahwa anak sudah siap untuk diberikan MPASI. Bila perlu, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter menjelang pemberian MPASI.

"Ada beberapa anak yang dari usia 5,5 bulan sudah harus segera diberi MPASI, tapi ada juga yang di usia itu belum siap untuk diberi MPASI karena motoriknya masih lambat," kata Reisa saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Idealnya pada usia enam bulan anak sudah siap diberi MPASI. Di usia tersebut, sistem pencernaan dan metabolisme anak sudah dapat bekerja dengan baik. Namun hal pertama yang harus diperhatikan adalah tekstur makanan.

Untuk penyesuaian awal, MPASI sebaiknya dibuat dengan tekstur yang hampir menyerupai ASI namun sedikit lebih kental. Ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan anak dengan tekstur baru.

Apabila anak terlihat kesulitan saat menelan, sebaiknya pemberian MPASI tidak dipaksakan karena bisa membuat anak tersedak. Selain itu, anak juga bisa trauma sehingga berujung pada gerakan tutup mulut atau pilih-pilih makanan.

"Harus pakai latihan paling tidak mirip dengan ASI. Ada yang butuh dua minggu untuk adaptasi, ada juga yang hanya hitungan hari, perlahan tingkat kekentalan ditambah," kata Reisa.

Menjelang usia sembilan bulan, anak sudah bisa diberi MPASI dengan tekstur yang kasar. Ibu juga bisa membuat banyak variasi makanan karena anak sudah bisa menerima bermacam jenis makanan lengkap.

Di usia-usia ini, semakin kasar tekstur MPASI maka semakin baik untuk membantu menaikkan berat badan. Selain itu, MPASI bertekstur kasar juga bagus untuk merangsang kemampuan motorik anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement