Ahad 11 Nov 2018 23:47 WIB

Mau Berlibur, Ternate Bisa Jadi Pilihan

Ternate miliki banyak obyek wisata

Ternate
Foto:

Saat menikmati libur akhir tahun di Ternate dan ingin merasakan kuliner khas daerah itu, tersedia beragama kuliner tradisional yang masyarakat setempat menyebutnya makanan kebun.

Makanan kebun itu di antaranya berupa singkong dan pisang yang direbus dengan air santang kelapa, popeda dari bahan sagu atau singkong dan gohu ikan dari bahan ikan cakalang atau tuna mentah yang dicincang halus dan dicampur dengan beragam bumbu tradisional.

Minuman air guraka dari bahan jahe, gula merah, kenari dan susu serta kopi raja dari bahan kopi hitam yang dicampur dari beragam rempah juga bisa dinikmati di Ternate.

Salah seorang wisatawan asal Jepang, Takhasi mengaku sangat terkesan dengan citra rasa kuliner tradisional di daerah itu dan membuatnya ingin kembali berkunjung untuk menikmatinya.

Di objek wisata Cengkih Afo yang terletak sekitar 4 KM dari pusat Kota Ternate, bisa ditemukan beragam kuliner tradisional yang dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar hingga matang, sama seperti yang dilakukan masyarakat Ternate pada masa lampau.

Kuliner itu disajikan menggunakan peralatan makan dari batok kelapa yang didesain seperti piring, gelas dan sendok, sehingga saat menyantapnya seolah terbawa ke suasana Ternate pada zaman dahulu.

Di Objek wisata itu juga bisa disaksikan cengkih tertua di dunia, yakni berusia di atas 400 tahun lebih, yang dikenal dengan nama Cengkih Afo dan selama ini menjadi sumber bibit cengkih di Malut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement